Tips Mengundurkan Diri Dengan Cara Terhomat

Mungkin ini waktunya bagi anda melakukan perubahan terhadap sesuatu, entah dari karir baru atau ingin mencoba tantangan baru yang lebih menantang dari biasanya. Mengundurkan diri dari pekerjaan memang tidak menjadi langkah mudah bagi seorang karyawan. Karena anda harus memiliki cara yang tepat agar perusahaan tidak menilai buruk anda. Jika memang tidak mudah untuk mengundurkan diri dengan baik, berikut ini ada cara agar anda dapat mengundurkan diri dengan cara terhomat dan tanpa rasa dendam. Beberapa tips mengundurkan diri dengan cara terhomat ini diantaranya mungkin dapat anda aplikasikan.

Tips Mengundurkan Diri Dengan Cara Terhomat

1. Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Mengundurkan Diri

Ada beberapa orang yang mengajukan pengunduran diri karena merasa lelah dan tidak dapat melakukan pekerjaannya lagi. Perasaan ini memang mudah dipahami pada setiap karyawan, namun anda harus melakukan segala pekerjaan yang dibisa untuk mengerjakan proyek semaksimal mungkin.
Jika anda ingin mengundurkan diri dalam kondisi baik serta memungkinkan, maka jangan biarkan atasan anda kesulitan serta bersusah payah mengganti posisi anda. Berikan pemberitahuan setidaknya dua minggu sebelumnya sehingga atasan dapat menyiapkan karyawan lain untuk menggantikan posisi anda. Sebaiknya jika anda ingin mengundurkan diri dari perusahaan janganlah beritahukan kepada seluruh karyawan kantor hingga pemberitahuan itu diterima oleh pengawas. Berpikirlah ke depan seperti seorang jendral dan ketahuilah jika pengetahuan adalah kekuatan.

2. Tulislah Surat Pengunduran Diri

Ketika anda ingin menulis surat pengunduran diri ketahuilah yang tidak boleh ditulis dalam suratnya. Jangan menuliskan sesuatu yang kasar, menghina dan kejam. Sebaiknya tuliskan sesuatu yang bernada menghargai pada surat. Jelaskan pada surat anda jika memang tidak akan ada lagi karyawan seperti anda diperusahaannya. Karena jika memang anda ingin mengubah suasana baru, maka nyatakan bahwa diri anda memang akan mengundurkan diri untuk selamanya. Hal ini berguna agar anda tidak ditawari lagi kembali bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu, tunjukan rasa apresiasi anda ketika bekerja di perusahaan yang bersifat pujian. Sebutkan juga pencapaian yang telah anda raih selama bekerja di perusahaan.

3. Temui Atasan Anda

Mintalah kepada atasan anda untuk bertemu dan membicarakan hal pengunduran diri dengannya secara langsung. Mintalah untuk temui anda sejenak dan bicarakan secara baik-baik. Jika sudah ada waktu untuk bertemu dengan atasan maka bersiaplah, langsung pada tujuan serta bersikap sopan padanya. Bersiaplah untuk berdisuksi dengannya atas pengunduran diri anda yang menjadi alasan dengan sopan dan jelas. Atasan anda mungkin menghargai anda jauh dari perkiraan dan berikan tawaran balik berupa kenaikan gaji, promosi dan tawaran lainnya. Pikirkan hal ini sejenak sebelum anda memang ingin mengundurkan diri. Bersikaplah bijaksana, sopan dan cerdas dalam menangani pengunduran diri anda dan yakinkan mereka kalau anda telah usahakan yang terbaik untuk keberhasilan masa depan. Jika sudah semua dibahas maka hal terakhir adalah jabat tangan, senyum dan berterima kasih pada atasan anda. Tunjukan sikap welas asih yang berkelas ketika anda keluar dari luar ruangan dan duduk ditempat kerja selama sekitar 10 menit. Dan kemudian beritahukan hal ini kepada teman kantor anda dan bersikaplah elegan dan tegaskan kalau anda mengundurkan diri bukan karena atasan.

Berikut tadi merupakan tips mengundurkan diri dengan cara terhomat bagi anda yang memang menginginkan perubahan dengan tantangan dan suasana kerja yang baru. Semoga bermanfaat, salam sukses!

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 2 =