Tips Agar Hari Pertama Kerja Berjalan Lancar

Diterima kerja berarti anda akan bertemu orang-orang baru, lingkungan baru dan pekerjaan baru. Jadi tidak heran jika anda merasakan nervous, deg-degan dan terkadang takut. Hal tersebut bukan hanya dialami oleh para first jobbers. Apa itu first jobbers? First Jobbers adalah sebutan untuk para mahasiswa yang baru saja terjun kedalam dunia kerja. Hal ini disebabkan setiap perusahaan memiliki cerita yang berbeda satu sama lain. Rasa deg-degan dan gugup hal yang wajar di alami, namun jangan sampai kegugupan dan kegelisahan tersebut merusak hari pertama di kantor baru. Berikut langkah yang bisa anda praktekkan untuk memenangkan kesan pertama di tempat baru menjelang hari dimana menjadi hari pertama kerja Anda :

Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu di tempat kerja baru anda.

Hari Pertama Kerja

Perhatikan Pakaian Anda
Kesan pertama itu penting, jadi harap perhatikan pakaian yang Anda kenakan di hari pertama. Cara amannya yaitu, ikuti saja seperti apa pakaian bekerja calon rekan kerja anda.

Datang Lebih Awal
Selalu usahakan untuk datang 15 menit sebelum jam kerja dimulai. Ini dilakukan agar anda dapat bersiap-siap dan menghindari macet jalanan yang bisa membuat Anda datang terlambat. Jangan sampai terlambat saat hari pertama kerja.
Kedua hal diatas tadi merupakan wajib yang penting Anda ketahui di hari H pertama masuk kerja. Nah, ketika Anda sudah berada di posisi kerjaan yang baru ada hal lain juga yang penting untuk Anda ketahui. Apa saja? Berikut ini penjelasannya :

Jadilah Pribadi yang Ramah
Tidak semua orang mudah untuk bersikap ramah pada orang yang baru dikenal dan di tempat baru, namun usahakan di kantor baru anda ini untuk bersikap ramah. Ingat, Anda akan datang ke kantor dari senin sampai jumat dan akan bertemu dengan rekan kerja selama 5 hari tersebut, jika Anda bersikap sombong, akan susah rekan kerja untuk mendekati Anda dan ini berakibat akan lingkungan kerja yang kurang nyaman.
Mungkin sebagai anak baru, tidak ada orang yang akan mengajak berbicara kepada Anda. Dalam hal ini artinya Anda yang harus mengajak atau memulai pembicaraan terlebih dahulu. Ingat untuk perhatikan situasi disaat berkomunikasi dengan rekan kerja Anda, apakah dia sedang sibuk atau tidak. Pastikan juga nada bicara anda menunjukkan apresiasi ketertarikan berkomunikasi dengan mereka.

Dengarkan Perkataan Rekan Kerja Anda
Hari pertama bukan saatnya Anda untuk buka suara. Perhatikan baik-baik perkataan dari bos atau pun rekan kerja anda. Siapkan buku catatan serta pulpen untuk mencatat hal yang diperlukan.

Langkah terakhir yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah sikap. Selain dari nada bicara, tunjukkan antusias Anda melalui gestur tubuh. Dengan menunjukkan sikap antusias, berarti Anda semangat dalam menjalani pekerjaan baru dan ini bisa menjadi nilai tambah di mata rekan kantor.

Hari pertama di kantor baru memang penting. Namun saat Anda telah mempersiapkan semuanya dengan baik dan kenyataannya tidak berjalan sesuai rencana, jangan berkecil hati dulu. Anda masih bisa memperbaikinya di hari berikutnya. Ingat, hari pertama hanya sebagai langkah kecil di dalam tahapan karir Anda.

Nah, demikian merupakan Tips Hari Pertama Kerja yang penting untuk Anda ketahui para First jobbers. Semoga bermanfaat, Salam sukses, Semangat!.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 1 =