Tes Bakat Minat dan Manfaatnya

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tidak sedikit individu yang menjalani kehidupan yang tidak sesuai dengan potensi mereka sesungguhnya. Begitu banyak yang mengambil pilihan hidup tidak sesuai dengan potensi, minat, dan bakat yang dimilikinya. Inilah yang akhirnya menjadikan orang menjalani kehidupannya dengan tidak maksimal. Bahkan ada yang akhirnya menemui kegagalan. Tidak mengetahui potensi diri menjadi salah satu penyebab semua itu. Hal ini juga bisa terjadi pada anak ketika salah memilih jurusan dalam sekolahnya. Biasanya terjadi karena anak tersebut tidak mengetahui dengan pasti apa bakat dan minat mereka serta potensi dimilikinya. Disinilah pentingnya mengetahui manfaat tes bakat minat pada seseorang. Karena perlu diketahui bahwa bakat dan minat tidak selalu selaras. Ada anak yang memiliki minat pada profesi tertentu padahal bakat mereka menunjukkan keahlian di bidang lain.

tes bakat minat anak

Beberapa penyebab seseorang atau anak salah dalam memilih jurusan sekolah antara lain adalah :

Memilih jurusan sekolah hanya berdasarkan trend saat itu

Ketika seseorang memilih jurusan biasanya juga akan melihat potensi bidang tersebut di masa itu. Misalnya saat itu pemerintah sedang membutuhkan tenaga guru yang sangat banyak besar peluang seorang sarjana pendidikan memperoleh pekerjaan maka akhirnya individu tersebut memilih fakultas pendidikan. Mungkin saja dia nantinya akan berhasil sesuai dengan apa yang diharapkan, namun tidak jarang juga yang akhirnya mereka kehilangan gairah dan tujuan ketika menjalani pendidikan mereka tersebut. Dan perlu di ingat bahwa jika akhirnya banyak juga yang memilih jurusan tersebut dengan alasan yang sama, maka tingkat persaingan kerja di bidang tersebut pada masa mendatang menjadi jauh lebih ketat.

Memilih jurusan sekolah karena mengikuti teman sekelompoknya

Kecenderungan anak sekolah yang bergaul secara berkelompok juga memberikan pengaruh dalam mereka memilih jurusan sekolah lanjutan nantinya. Hal ini akan menjadi parah kalau ternyata bidang yang di pilih jauh dari bakat dan minat mereka. Apalagi mereka kemudian tidak memiliki pandangan tentang akan bagaimana dengan ilmu yang mereka miliki begitu sudah lulus. Sebagai contoh biasanya terjadi pada anak lulusan SMP yang kemudian memilih sekolah di SMK jurusan tenik mesin karena teman sekelompoknya memutuskan untuk melajutkan pendidikan disitu. Tentu saja ini kurang bijak karena dalam kelompok tersebut pasti memiliki potensi serta bakat dan minat yang berbeda.

Memilih jurusan sekolah berdasarkan keinginan orang tua

Sebagai contoh pada siswa SMU yang akan menentukan jurusan. Paling tidak umumnya ada tiga jurusan yang dapat dipilih antara lain IPA, IPS, dan Bahasa. Sebagian besar orang tua mempunyai keinginan dan kebanggaan ketika anaknya berada di jurusan IPA. Dan akan menjadi kurang tepat apabila potensi anak tersebut bukan di jurusan IPA. Hal ini juga sering terjadi pada anak yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ada saja orang tua yang memaksakan fakultas yang berhubungan dengan IPA seperti kedokteran, teknik, dan lain-lain. Selain karena kebanggaan bisa juga dikarenakan trend fakultas pendidikan saat itu.

Memilih jurusan atau bidang studi pada perguruan tinggi akan menentukan masa depan seseorang. Ketika mahasiswa merasa “salah jurusan” maka akan cenderung menganggu proses belajar mereka. Bisa saja mereka pindah ke jurusan lain yang di anggap lebih cocok untuk mereka. Namun semua itu mendatangkan konsekuensi berupa masa pendidikan yang bertambah panjang yang berakibat biaya pendidikan membengkak.

Semua jurusan pada dasarnya sama bagusnya karena pasti akan bermanfaat dalam kehidupan bagi orang lain yang membutuhkan profesi pada setiap bidang. Karena itu dalam memilih jurusan sekolah harus disesuaikan dengan potensi serta bakat dan minat anak. Jangan diputuskan berdasarkan keinginan orang tua atau karena prestise saja.

tes bakat minat dan manfaatnya

Tes Bakat Minat dan Manfaatnya

Tes bakat minat merupakan serangkaian psikotes yang meliputi pemeriksaan mengenai kemampuan umum (inteligensi), potensi serta kecenderungan bakat kemampuan dan minat individu.

Tes bakat minat lebih tepat manfaatnya untuk :

  • Calon mahasiswa yang akan memilih jurusan atau fakultas
  • Mahasiswa yang akan pindah jurusan atau fakultas
  • Siswa SMP dan SMU yang akan memilih jurusan pendidikan lanjutan yang lebih tinggi

Dengan tes bakat dan minat maka orang tua akan lebih mengetahui potensi diri anak termasuk kelebihan dan kekurangan baik dari segi akademis atau kepribadian. Manfaat tes bakat dan minat juga akan membantu siswa dapat lebih terarah dalam mengetahui minat yang sesuai dengan bakatnya. Dan untuk calon mahasiswa tes bakat minat akan membantu mereka untuk mengetahui jurusan kuliah yang tepat sesuai dengan bakat dan minatnya. Karena itulah tes bakat dan minat merupakan hal penting karena akan membantu siswa untuk mengetahui dan mantap ketika memilih fakultas, sehingga akan mengurangi peluang bagi siswa yang merasa salah jurusan.

Tes bakat minat membutuhkan waktu sekitar 100 menit. Untuk layanan tes bakat minat silahkan menghubungi :

Biro Psikologi Laksita Educare Insight
Telepon : 085385596000
Whatsapp : 08170434500 (Disarankan)
LINE : biropsikologi
Facebook : http://fb.com/LaksitaEducare
Alamat : Jl. Wates Km.12 Argosari Sedayu Bantul Yogyakarta 55753 (Barat SMU Pangudi Luhur Sedayu)

Tag :

tes bakat,tes minat dan bakat memilih jurusan,test bakat dan minat,
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − twelve =