free site templates

Jangan Remehkan Hal Kecil yang Membuat Rumah Tangga Bahagia Ini

Memiliki rumah tangga bahagia merupakan impian setiap pasangan. Bagaimana tidak, menyatukan dua kepribadian dalam waktu yang lama adalah sebuah tantangan yang sangat berat. Inilah penyebabnya banyak sekali rumah tangga yang berakhir dengan perceraian. Jika Anda menginginkan rumah tangga yang bahagia, cobalah lakukan beberapa hal berikut ini.

Hal Sederhana yang Membuat Rumah Tangga Anda Bahagia

rumah tangga bahagia
  • Menjaga komunikasiKomunikasi adalah kunci dari bertahannya sebuah hubungan rumah tangga. Saat Anda dan pasangan Anda sudah tidak memiliki komunikasi yang baik, maka rumah tangga Anda tidak akan berjalan dengan bahagia. Akan ada berbagai masalah yang muncul seperti perdebatan, kesalahpahaman, bahkan bisa berujung pada perceraian. Oleh sebab itu, pastikan komunikasi Anda dengan pasangan selalu dalam keadaan yang baik. Setiap hari jalin komunikasi dan bicarakan mengenai apa yang terjadi di hari itu. Jika ada masalah kecil yang muncul, segera atasi agar tidak melebar menjadi masalah yang lebih besar. 
  • Menjaga kepercayaan Hal berikutnya yang harus diperhatikan agar rumah tangga tetap bahagia adalah menjaga kepercayaan. Jika rasa percaya ini sudah kuat, maka rumah tangga Anda juga bisa dipastikan akan kuat. Ketika tingkat kepercayaan sebuah pasangan lemah, rumah tangga akan mudah digoyahkan dengan kabar-kabar yang belum tentu kebenarannya. Sebagai contoh, seorang suami sedang bertemu dengan teman perempuannya untuk membicarakan bisnis. Jika tingkat kepercayaan pasangan tersebut rendah, sang istri akan mudah terprovokasi dan menuduh bahwa suaminya selingkuh dengan wanita lain. Padahal, yang dilakukan oleh suami adalah hubungan pekerjaan saja dan tidak lebih. Dengan kepercayaan yang kuat, maka hal tersebut tidak akan terjadi. Berkomitmenlah untuk saling percaya satu sama lain agar tidak ada kabar pemecah hubungan yang bisa menyerang. 
  • Menjaga perkataanManusia memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang memiliki sifat penyabar, emosional, dan juga bisa memaafkan antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu, menjaga perkataan sangatlah penting agar tidak melukai perasaan pasangan. Jika Anda sedang marah dengan pasangan Anda, tahan terlebih dahulu. Jangan sampai Anda mengatakan sesuatu yang akan menyakiti pasangan Anda yang malah akan berujung pada penyesalan. Lebih baik Anda menenangkan diri terlebih dahulu. Setelah sudah cukup tenang, barulah Anda berbicara dengan pasangan Anda mengenai permasalahan yang sedang terjadi untuk diselesaikan secara baik-baik. 
  • Tidak segan mengucapkan terima kasihSatu kalimat yang sederhana namun memiliki dampak yang luar biasa adalah terima kasih. Ucapan ini menunjukkan bahwa Anda menaruh respek yang tinggi terhadap orang lain. Pada pasangan, Anda bisa mengucapkan terima kasih karena sudah bersedia menemani dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Selain itu, apresiasi juga apa yang telah dia lakukan untuk menjaga hubungan dengan Anda semaksimal mungkin.
  • Mengulangi indahnya masa pacaranTidak ada salahnya jika Anda mengulang indahnya masa-masa pacaran sebelum Anda menikah dengan pasangan Anda. Anda bisa saling melontarkan kata sayang dan bermesraan khas anak muda. Hal ini akan mengingatkan kembali betapa indahnya dunia ketika Anda bertemu dengan pasangan Anda dan mampu meningkatkan rasa cinta di antara Anda dan pasangan Anda. 
  • Memberikan kecupan di pagi hari Bagaimana perasaan Anda jika di pagi hari Anda mendapatkan sebuah kecupan manis dari pasangan Anda? Membahagiakan bukan? Mungkin itu juga yang akan dirasakan oleh pasangan Anda ketika Anda yang memberikan kecupan tersebut. Oleh karena itu, cobalah untuk memberikan kecupan pada pasangan setiap pagi hari agar rasa sayang tidak luntur termakan oleh waktu.
  • Saling meminta dan memberi maaf Menjaga ego masing-masing juga merupakan kunci untuk mendapatkan rumah tangga yang bahagia. Ketika memang melakukan kesalahan, jangan sungkan-sungkan untuk meminta maaf terlebih dahulu. Sebaliknya, ketika pasangan Anda yang meminta maaf kepada Anda, sebaiknya Anda langsung memberi maaf. Saling memaafkan akan membuat hubungan menjadi lebih kuat. 
  • Konsultasi dengan psikolog pernikahanBerkonsultasi dengan pihak ketiga seperti psikolog pernikahan bisa membuat rumah tangga Anda menjadi lebih bahagia. Orang ketiga memiliki pandangan yang lebih netral sehingga bisa memberikan saran yang objektif. Jika Anda berada di Jogja, kini sudah banyak psikolog pernikahan Jogja yang terpercaya. Psikolog rumah tangga Jogja ini bisa menjadi alternatif mengatasi masalah jika Anda dan pasangan Anda tidak bisa menyelesaikannya berdua. 
  • Menghargai me timeMenikmati waktu sendiri tidak berarti Anda egois. Dengan menikmati waktu sendiri Anda justru akan lebih menghargai indahnya waktu bersama keluarga. Anda bisa pergi ke gunung atau pantai dan menenangkan diri sambil memikirkan bagaimana kelanjutan rumah tangga Anda. Setelah cukup tenang, kembalilah ke keluarga Anda dengan perasaan yang sudah lega. 

Perlu diingat, mungkin pasangan Anda juga membutuhkan hal seperti itu. Oleh karena itu, jika pasangan Anda meminta waktu untuk sendiri, jangan pernah untuk menghalangi. Selama waktu sendiri masih wajar dan tidak meninggalkan kewajiban sebagai pasangan, hal itu sah-sah saja, bahkan akan baik untuk keharmonisan hubungan.

Itulah tadi beberapa hal kecil yang dapat membuat rumah tangga Anda menjadi bahagia. Semoga dengan menerapkan hal di atas, bahtera rumah tangga Anda bisa bertahan hingga akhir memisahkan. 

Hubungi Kami via WhatsApp

BAGIKAN LAYANAN PSIKOLOGI KAMI

© Copyright 2018 Laksita Educare - Psikolog Jogja