Penanganan Anak Indigo Menurut Psikologi

Dengan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh anak Indigo merupakan anugerah yang membuat mereka berbeda dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Hal tersebut menimbulkan banyak pendapat mengenai fenomena anak Indigo baik menurut dunia Supranatural, Agama dan juga pendapat mengenai anak Indigo menurut Psikologi. Hanya saja tidak jarang ciri-ciri anak Indigo justru membuat anak tersebut memiliki masalah karena mereka merasa berbeda dengan anak-anak seusia nya, bahkan sering kali orang tua anak Indigo tersebut tidak tahu apa yang harus mereka lakukan dengan anugerah yang dimiliki oleh anak mereka.
Mengingat dengan adanya masalah-masalah yang muncul dan dirasakan oleh anak Indigo maka wajib bagi orang tua, keluarga, guru dan semua pihak yang berinteraksi dalam kehidupan anak Indigo tersebut perlu memakai beberapa cara yang juga spesial dilakukan selama mendidik dan membesarkan anak Indigo tersebut. Berikut di bawah merupakan beberapa hal dasar dalam penanganan anak Indigo menurut Psikologi :

anak Indigo menurut PsikologiRespek :
Seperti pada umumnya, perlakukan anak Indigo dengan hormat, dan hargai keberadaan mereka di dalam sebuah keluarga. Kadang kala kita harus membiarkan anak Indigo tersebut untuk mengontrol dirinya sendiri, karena apabila kita dirasakan olehnya terlalu mengisolasi atau mengekangnya maka sudah dapat dipastikan anak Indigo tersebut akan merasa kurang nyaman dana akan melakukan hal-hal yang negatif. Katakan dan tunjukan padanya bahwa kita menyayanginya dan dia adalah bagian tak terpisahkan dari keluarga ini.
Kreatif dan Fleksibel :
Bantulah anak Indigo tersebut mampu menciptakan solusi bagi diri sendiri untuk membantunya menjadi anak yang lebih disiplin. Untuk mencapai hal ini kita wajib mempunyai sudut pandang yang fleksibel pada anak kita. Memang untuk melakukan hal tersebut tidak mudah karena pada dasarnya insting orang tua secara umum adalah ingin selalu melindungi anak-anaknya. Keinginan orang tua untuk kesuksesan anak mereka sering kali membuat pertengkaran ketika orang tua menuntut anak mereka mengerjakan tugas sekolah dan kegiatan belajar lainnya. Karena itu orang tua wajib dituntut untuk kreatif dalam mengajak anak untuk melibatkan anak dalam membuat aturan serta batasan pada aktivitas mereka, dan mintalah pada anak menentukan dan menepati aturan pada dirinya sendiri.
Berikan Pilihan :
Anak Indigo perlu untuk diberikan pilihan-pilihan hanya saja sebelumnya berikan dahulu pengarahan kepada mereka. Katakanlah pada mereka “Ketika ayah/ibu masih kecil pernah melakukan hal tersebut dan terjadi sesuatu seperti itu. Bagaimana jika kamu mengalami hal tersebut ? “
Jangan Pernah Biarkan Mereka Down :
Dalam penanganan anak Indigo menurut Psikologi sangat menyarankan agar orang tua jangan sampai tindakan atau perkataan mereka membuat down anak tersebut, karena ketika kita mencintai mereka dan mengakui siapa mereka serta keberadaannya, maka akan membuat mereka lebih terbuka kepada orang tuanya.
Berikan Penjelasan :
Orang tua sebaiknya selalu memberikan penjelasan ketika memberikan suatu instruksi. Sekedar memberikan perintah saja tentu tidak akan efektif. Sering kali di sinilah sistem di sekolah mengalami kegagalan, karena sering sekolah hanya membuat peraturan absolut tanpa adanya penyimpangan sedikit pun, karena anak cenderung untuk bertanya “Mengapa aku harus melakukan itu ?” atau “Jika aku harus melakukannya maka aku akan melakukan dengan caraku sendiri.” Anak-anak cenderung memiliki aturan dunia yang ideal.
Partner :
Jadikan anak Indigo tersebut partner dalam membesarkan diri mereka sendiri. Mengobrol dengan mereka dengan diskusi yang menarik dan jangan melarang mereka untuk bertanya, karena mereka akan mencari jawabannya sendiri karena menganggap kita tidak mau menjelaskannya. Bahkan ketika anak Indigo tersebut masih bayi, selalu jelaskan pada mereka akan apa yang akan anda lakukan padanya. Anak tersebut memang tidak akan memahaminya namun kesadaran dan penghormatan anda kepadanya akan dia rasakan. Seperti “Sekarang ayah/ibu akan mengganti popokmu supaya kamu merasa nyaman.”

Memiliki anak Indigo sebenarnya anugerah namun memang memang memerlukan cara-cara yang sedikit berbeda. Setidaknya dengan penanganan anak Indigo menurut Psikologi di atas akan dapat membantu mereka lebih nyaman akan kelebihan mereka.

Tag :

ciri ciri anak indigo dan cara penanganannya,Supranatural Menurut psikologi,

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − 3 =