Minat dan Bakat Anak Kenali Sejak Dini

Mengenali minat dan bakat anak adalah kewajiban mutlak dari orang tua, karena setiap anak pasti memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Bakat dan kecerdasan bukan termasuk hal yang sama. Bakat lebih cenderung mengacu pada kemampuan saraf motorik yang menopang keterampilan pada anak. Sedangkan kecerdasan lebih mengacu pada saraf otak dan kemampuan berfikir. Bakat akan sangat mempengaruhi minat dari seorang anakdan jika terus diasah bukan tidak mungkin dapat membawa keuntungan baginya.Pada saat anak mencapai umur 8-10 tahun, anak akan menunjukan kegiatan yang ia sukai dan dilakukan secara terus menerus setiap harinya.

Minat dan bakat anak serta cara mengenalinya sejak dini

minat dan bakat anak mengenali sejak dini

Saatnya masuk ke pembahasan utama, yaitu bagaimanakah mengenali minat dan bakat yang dimiliki oleh anak. Berikut adalah beberapa cara untuk mengenali minat dan bakat anak:

Mengamati apa yang menjadi kebiasaan dan kesenangan anak

Mengamati kebiasaan dilakukan dan mengamati apa yang disenangi anak adalah cara yang paling mudah. Biasanya dari kebiasaan dan kesenangan itu muncul indikasi bahwa anak itu memiliki potensi yang bagus dalam hal tersebut.

Biarkan anak mengeksplorasi kemampuan mereka

Memberikan kebebasan pada anak untuk mencoba berbagai hal yang ingin diketahui, karena dengan mencoba melakukan kegiatan secara langsung, anak Anda dapat menemukan bakat yang terpendam dalam diri mereka. Sebagai orang tua, kita dihimbau untuk tidak membatasi dan menghalangi aktivitas yang dilakukan anak sehingga anak dapat mengeksprorasi bakat merekadengan maksimal.

Biarkan anak bersosialiasi dengan temannya.

Bersosialisasi dengan teman sebaya merupakan cara yang baik untuk menemukan bakat dan minat anak. Karena biasanya selain bermain, anak-anak akan sangat senang bercerita tentang kegemaran yang mereka sukai masing-masing. Sehingga dapat memudahkan anak mengetahui bakat mereka.

Mendaftarkan anak dalam berbagai lomba bakat

Cara lainnya yaitu dengan mendaftarkan anak untuk mengikuti lomba-lomba pencarian bakat anak, namun itupun harus dengan kemauan dari anak tersebut bukan atas paksaan dari orang tua. Dari hasil perlombaan yang diikuti, anak pun bisa mengetahui sebatas apa bakat dan minat yang mereka miliki.

Ikutkan tes minat dan bakat

Dengan tes minat dan bakat anak maka orang tua akan bisa mengetahui arah minat dan bakat putra-putrinya berdasarkan hasil psikotes. Konselor psikologi juga akan memberikan penjelasan mengenai hasil tes bakat dan minat anak tersebut untuk kemudian di diskusikan berasama orang tua.

 

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + 11 =

WhatsApp chat WhatsApp Kami