Cara Menyikapi Si Kecil Yang Sedang Ngambek

Si kecil ngambek lagi karena keinginanya tidak dipenuhi? Apalagi pada saat diajak jalan-jalan kemudian ngambek, pastinya akan membuat Anda semakin kesal padanya. Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah menenangkannya agar ia tidak menggaggu ketenangan umum. Pasalnya, jika anak ngambek Anda jangan memandangnya dengan melotot. Hal ini bisa membuat anak menjadi mengamuk. Lalu, bagaimana cara menyikapi si kecil yang sedang ngambek ini? Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan simak caranya dibawah ini.

menyikapi si kecil yang sedang ngambek

Beberapa cara menyikapi si kecil yang sedang ngambek

Ungkapan protes
Seringkali jika anak ngambek pasti kata-kata yang akan dikeluarkan adalah protes kepada orangtua. Apalagi jika hubungan antara Anda dengan anak tidak terjalin komunikasi yang baik. Pastinya anak akan merasa bahwa Anda tidak memperdulikannya. Contoh kecilnya saat anak meminta mainan pada Anda, namun Anda tidak membelikannya. Karena merasa bahwa anak ini tidak membutuhkan mainan tersebut. Pada kesempatan lain, saat anak tidak meminta dibelikan mainan tetapi Anda membelikannya. Tentu saja anak akan merasa bahwa Anda tidak bersikap adil padanya. Sehingga anak melampiaskan rasa kesalnya tersebut dengan mengambek.

Buat perjanjian
Cara yang menyikapi anak yang ngambek bisa dilakukan dengan membuat perjanjian. Menghadapi anak yang sedang ngambek harus sedikit merendah. Maksudnya merendah ini adalah Anda mau mendengarkan apa yang diutarakannya. Nah, jika apa yang diungkapkan oleh anak Anda tidak setuju, maka katakan dengan sejujurnya. Jangan menyembunyikan sesuatu dari anak atau pura-pura setuju. namun, jika cara tersebut masih belum bisa mengatasi ngambeknya berarti masih ada yang ia butuhkan.

Tenang dan konsisiten
Jika si ngambek maka Anda harus menghadapinya dengan tenang. Apabila Anda menghadapi si kecil yang sedang ngambek dengan sekap yang panik dan marah-marah, pastinya si kecil ini akan bertingkah yang tambah menjadi-jadi agar keinginannya dituruti. Langkah yang bisa Anda ambil dalam menghadapi situasi yang seperti ini adalah bersikap tenang dengan memperlihatkan senyum serta menghargainya. Anda bisa mendekatinya sambil berkata sesuatu ditelinganya, yaitu sebuah bujukan agar si kecil ini tidak ngambek. Lewat ucapan tersebut si kecil ini akan mengerti bahwa ia tidak baik bersikap seperti itu.

Itulah tadi beberapa cara menyikapi si kecil yang sedang ngambek. Mungkin perlu waktu yang berbeda pada setiap anak untuk mereka memahami, namun hal ini akan membentuk kebiasaan mereka nantinya.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 10 =