Mengatasi Stres Di Tempat Kerja

Kebanyakan orang yang stres di tempat kerja karena kekurangan tidur dan tugas dikantor yang banyak. Stres adalah keadaan jiwa, respon normal terhadap berbagai keadaan yang harus dihadapi dalam hidup, situasi yang mengharuskan kita bertindak, beradaptasi serta mengupayakan segala sesuatu tetap seimbang, stress juga muncul karena tekanan hidup yang senantiasa dinamis dalam kehidupan manusia. Keadaan stress yang berulang-rulang secara psikologis dapat membuat tubuh kelelahan dan menyebabkan seseorang tidak dapat berpikir jernih apa lagi ditempat kantor. Ketika otak menghadapi sebuah situasi tekanan, maka otak akan memberikan tanda kepada tubuh agar melepaskan banyak hormon untuk memberikan tenaga kepada tubuh dalam bertindak menghadapi situasi tersebut. ketika Anda sudah melalui banyak pekerjan ditempat kerja dan tubuh Anda yang tadinya terbebani stress menjadi pada kondisi rileks. Karena itulah dipelukan kegiatan untuk mengatasi stres di tempat kerja.

mengatasi stres di tempat kerja

Menangani stres adalah hal yang sangat penting supaya tubuh dapat selalu memberikan respon yang terbaik pada berbagai situasi baik fisik maupun psikis, stres yang berlebihan akan berdampak buruk pada kehidupan seseorang, termasuk buruk bagi kesehatan.

Berikut tips mengatasi stres di tempat kerja :

1. Pada saat Anda mengalami stres kembali Anda bisa mengingat masalah dulu
Bisa saja Anda mengingat saat Anda mengatasi masalah yang pernah terjadi ditempat kerja dulu dan gunakan cara tersebut untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi saat ini.

2. Pastikan Anda mengerti terhadap masalah yang sedang dihadapi
Anda dan jangan ragu untuk bertanya agar tidak terbebani masalah yang sedang Anda hadapi dikantor, dengan bertanya Anda bisa terbantu untuk mengatasi masalah yang sedang Anda hadapi

3. Lakukan beberapa kali istirahat
Hal ini untuk beberapa menit selama Anda bekerja, hal ini bertujuan agar pikiran Anda tidak terbebani semuanya. dengan beristirahat sebentar akan membuat Anda menjadi terlepas dan bisa mengerjakannya dengan santai.

4. Rencanakan dengan baik aktivitas Anda
Membuat perencanaan sangat baik bukan hanya jangka pendek tetapi untuk jangka panjang. rencana itu membuat Anda menuju sukses dikantor.

5. Ciptakan lingkungan kerja yang baik
Membuat lingkungan yang baik akan membuat Anda nyaman ditempat kerja karena dengan suasana yang baik akan membuat Anda menjadi tenang dan nyaman dalam mengerjakan hal-hal yang sedang Anda hadapi.

Stress bisa dialami siapa saja, semoga beberapa tips mengatasi stres ditempat kerja diatas dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin mengatasi stres dikantor yang dapat datang kapan saja tanpa kita sadari.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + 15 =