Mengatasi Rasa Takut Anak Masuk PAUD

Seringkali anak-anak ketika akan masuk sekolah PAUD merasa ketakutan. Sehingga tidak heran lagi jika saat pertama kalinya anak masuk PAUD banyak yang rewel bahkan sampai menangis. Supaya hal ini tidak terjadi pada buah hati anda, penting sekali bagi anda untuk mengantisipasi masalah ini. supaya si kecil ini bisa belajar dengan nyaman tanpa ada rasa takut didalam hatinya. Yah, memang mengatasi yang seperti ini tidaklah mudah. Tetapi anda jangan panik dulu ya, bun! Disini akan dibagikan trik cara mengatasi rasa takut pada anak saat pertama kali masuk PAUD. Ingin tahu bagaimana trik mengatasi rasa takut anak masuk PAUD ?

mengatasi rasa takut anak masuk PAUD

Beberapa trik mengatasi rasa takut yang dialami si kecil ketika akan masuk sekolah PAUD

Ceritakan pada si kecil seputar sekolah
Supaya rasa takut si kecil ini agak berkurang, cobalah untuk menceritakan hal-hal menyenangkan yang bisa dilakukan di sekolah. Dengan begitu si kecil ini akan mengetahui gambaran apa saja yang akan dilakukan di sekolah, sehingga ia tertarik dan merasa ingin cepat-cepat sekolah. Perbincangan yang anda lakukan dengan si kecil ini bermanfaat sekali, jadi sebelum si kecil pertama kali masuk ke sekolah PAUD berilah gambaran tentang kegiatan yang ada disana.

Yakinkan buah hati untuk menjaga sopan santun
Perilaku sopan santun itu penting sekali diajarkan pada si kecil, ketika si kecil ini dalam berbicara santun maka banyak teman-temannya yang menyukai. Namun, bukan sikap sopan santun saja, bersikap ramah tamah terhadap teman dan guru yang ada di lingkungan sekolahnya juga perlu, lho! karena dengan sikap tersebut bisa menambah rasa percaya diri si kecil saat pertama kali masuk sekolah PAUD.

Perkenalkan guru dan teman sekolahnya
Untuk mengatasi rasa takutnya pada saat masuk sekolah pertama kali, anda bisa memperkenalkan si kecil dengan teman barunya. Selanjutnya memperkenalkannya dengan guru barunya yang akan membantunya saat belajar di sekolah. Dengan cara ini rasa takut yang menyelimuti si kecil akan berkurang. Serta jangan lupa untuk meyakinkan bahwa orang-orang yang ada disekelilingnya adalah baik.

Itulah tadi beberapa trik mengatasi rasa takut saat pertama kali masuk sekolah PAUD pada si kecil yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi mengenai trik mengatasi rasa takut anak masuk PAUD pertama kali pada si kecil dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + 15 =