Mengambil Keputusan Terbaik Dengan Berani

Kita akan menjadi apa tergantung bukan pada kondisi melainkan keputusan. Berapa orang dikondisikan dan ditentukan oleh lingkungan di luar dirinya. Mereka berada di puncak saat semuanya berjalan baik. Mereka tampaknya membiarkan bintang, nasib, barang, angin, atau hal lainnya berada di atas kendali mereka dalam menentukan hidup mereka. Apa yang tidak mereka pahami adalah pada saat kita menghadapi kondisi menyedihkan kita juga menghadapi sebuah masalah, apakah mengalah atau menghadapinya dengan berani. Mau atau tidak, mengambil keputusan terbaik dengan berani harus kita lakukan.

mengambil keputusan terbaik

Menghadapi dengan berani kenyataan hidup yang keras membutuhkan keberanian. Winston Churcil memandang keberanian sebagai modal awal untuk memulai segalanya. Dia berkata keberanian menduduki peringkat pertama dan kualitasnya seorang manusia karena ia merupakan jaminan bagi hadirnya kualitas manusia yang lain. Dia tidak mengkaitkan keberanian dengan contoh orang-orang yang terkenal atau pada sebuah event besar, tapi yang dimaksud adalah keberanian dalam keseharian kita. Tidak ada orang yang lahir membawa keberanian, keberanian pun tidak membutuhkan karakteristik tertentu. Keberanian lebih merupakan sebuah keputusan untuk menggali secara dalam dan mencari karakter, kita akan menemukan sumber kekuatan, disaat hidup membuat kita fruatasi. Keberanian merupakan sebuah keputusan yang harus kita buat jika kita ingin menjadi manusia yang utuh.

Beberapa waktu sebelum ia meninggal Paul Tillich diminta untuk mendiskusikan tema utama dari penulisannya dan menerangkan tentang keberanian dalam kehidupan keseharian. Tillich menjelaskan bahwa keberanian yang sebenarnya adalah berkata YA pada hidup meskipun banyak kesulitan dan penderitaan yang mengiringi keberadaan manusia. Dia berkata bahwa dibutuhkan keberanian untuk menemukan sesuatu yang positif dan bermakna dalam kehidupan maupun diri kita. Bila kita bisa melakukannya kita tidak hanya menerima kehidupan yang lebih utuh namun juga mulai hidup dengan lebih antusias. Rasa cinta pada kehidupan mungkin merupakan bentuk tertinggi dari keberanian yang seharusnya diantara hidup yang keras dan tidak selalu adil. Masih banyak alasan untuk berkata YA pada kehidupan

Sebuah nasehat yang mungkin berguna bagi kemanusiaan adalah: harapkanlah masalah sebagai bagian kehidupan yang tidak dapat terelakan dan ketika masalah itu datang, angkat kepala tinggi tiggi dan pandanglah masalah tersebut tepat di depan mata dan katakan saya lebih hebat dari kamu. Masalah tidak bisa mengalahkan saya, saya hanya perlu untuk mengambil keputusan terbaik dengan berani.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × four =