Mengajarkan Anak Membaca Ini Tahapnya

Mengajari si kecil belajar merupakan kewajiban setiap orang tua. Tidak harus belajar formal mengingat usianya masih belum cukup untuk berpikir keras. Melainkan di ajak belajar dengan suasana bermain sehingga si kecil tidak merasa jenuh dan bosan untuk mengajarkan anak membaca. Sebagai orang sering mengenalkan buku kepada anak agar lebih familiar saat mengajarkan sesuatu pada si kecil misalkan belajar membaca.

Sebelum si kecil belajar membaca, terlebih dulu Anda mengenalkan semua huruf yang ada di alphabet satu per satu. Ini dimaksudkan agar si kecil lebih cepat tanggap, silahkan ciptakan suasana belajar yang menarik serta nyaman. Bila si kecil sudah merasa nyaman, mulailah dari dasar huruf yang termudah. Lakukan secara berulang sampai ia bisa mengucapkannya dengan fasih kemudian hafal bentuk hurufnya. Jika sudah mengenal hurufnya pembelajaran selanjutnya Anda bisa lakukan langkah ini untuk mengajarkan anak membaca :

Mengajarkan anak membaca berikut tahapannya

mengajarkan anak membaca

Fonem atau Bunyi Bahasa

Sebelum anak diajarkan membaca, secara lebih dulu dikenalkan melalui bunyi. Tujuannya adalah agar dia bisa memahami kata-kata yang diucapkan. Kenalkan si kecil dengan kata dan ucapan yang mirip sehingga dia lebih mudah dalam menangkap apa yang diajarkan. Misalnya, kata ‘mama’dan diikuti dengan gerakan tubuh menunjuk seorang ibu.

Kosakata

Si kecil akan mudah mengucapkan jika dia sudah familiar terhadap kata yang sering orangtua ucap pada anaknya. Anda juga harus membantu menambah kosakata si kecil dengan membiasakan didi untuk mengajak berkomunikasi atau bisa juga dengan membacakan cerita. Langkah ini bisa membuatnya lebih mudah menyerap kosakata baru untuk dirinya.

Kelancaran membaca

Sebagai orangtua, bila mengajarkan anak membaca jangan gunakan nada yang keras karena hal itu bisa membuat si anak merasa dalam tekanan. Sehingga apa yang diajarkan kemungkinan susah ditangkap. Untuk itu marilah dampingi si kecil membaca dan beri pujian jika berhasil membaca dalam satu kalimat. Hal ini bertujuan agar dia merasa lebih semangat dalam melakukan proses membaca. Selanjutnya bisa juga membantu si kecil membaca dengan cara meniru kalimat yang Anda ucapkan. Pahami mood anak bila mengajarkan dia membaca agar apa yang diajarkan tidak percuma dan dapat diserap.

Dengan pendampingan yang disertai kesabaran serta ketekunan maka anak akan lebih nyaman dalam belajar membaca dan kelak menjadi anak yang pintar.

 

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 5 =

WhatsApp chat WhatsApp Kami