Mendidik dan Menasehati Anak Keras Kepala

Anak-anak yang memiliki sifat keras kepala tentu membuat Anda sebagai orang tua merasa pusing bila berhadapan dengannya. Bagi Anda orang tua yang memiliki anak keras kepala, ada baiknya untuk tidak memarahi atau membentak sang anak. Hal ini dapat menyebabkan jiwa anak menjadi terguncang dan oleh karena itu, di sini kami akan memberikan kepada Anda beberapa cara untuk mendidik dan menasehati anak keras kepala dengan baik dan benar.

Mendidik dan menasehati anak keras kepala berikut caranya

mendidik dan menasehati anak keras kepala

Bersikap Tenang

Mengahadapi anak yang memilik sifat keras kepala harus dibarengi kesabaran lebih, kemudian sikapi hal itu dengan tenang agar Anda lebih mudah memahami permasalahan yang anak Anda alami. Jangan gunakan emosi pada saat Anda menasehati anak. Hal itu hanya akan membuat Anda kesulitan dalam menggali permasalahan yang melanda anak Anda.

Bersikap Bijak

Salah satu hal tersulit bagi orang tua pada saat berhadapan dengan anak keraskepala adalah bersikap bijak. Orang tua juga wajib meluangkan waktu bersama dengan anak agar dapat memahami karakter dan keinginan mereka. Selain itu, orang tua harus wajib memberikan solusi yang baik terhadap masalah mereka hadapi.

Berlaku Adil

Sebagai orang tua, Anda memiliki kebijakan yang tinggi, Anda juga harus mampu memberikan keadilan kepada semua anak Anda. Jika Anda mempunyai anak lebih dari satu pastikan untuk tetap berlaku adil pasa mereka. Jika tidak, maka akan menimbulkan kecemburuan dan berpotensi memberatkan hati salah satu pihak.

Terapkan sikap yang baik

Ketika Anda menasehati anak agar tidak melakukan hal-hal tidak baik, sebaiknya Anda awali dengan memberikan contoh terlebih dahulu.Karena anak adalah peniru yang baik dan oleh sebab itu,kami sarakan untuk memberikan contoh agar kelak mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Hindari Paksaan

Untuk menyikapi anak Anda yang keras kepala memang tidak mudah, apalagi harus memaksa anak setiap kali akan melekukan sesuatu. Hal tersebut membuat anak Anda trauma maka saran kami, lebih baik berikan penghargaan pada anak Anda maupun pujian dalam bentuk hadiah agar memotivasi mereka untuk menjadi lebih baik dari biasanya.

Berikut di atas beberapa yang harus dipahami dalam mendidik dan menasehati anak keras kepala. Memang tidak mudah dan diperlukan ketekunan serta kesabaran dalam waktu yang tidak singkat. Dalam beberapa kasus mengatasi anak keras kepala dengan hipnoterapi bisa menunjukkan kemajuan yang baik.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 3 =