free css templates

Mendidik Anak di Era Digital

Bagaimana Cara Mendidik Anak di Era Digital Dengan Tepat?

Tak bisa dipungkiri apabila mendidik anak di era digital ternyata tidaklah mudah seperti apa yang ada dibayangan anda. Hal ini tidak lain karena memang mendidik anak di era milenial ini lebih sulit jika dibandingkan dengan orangtua zaman dulu. Hal ini bukan tanpa alasan karena anak-anak tumbuh dengan adanya kecanggihan teknologi yang ada di zaman modern ini.

Inilah mengapa pentingnya peran orangtua bagi anak-anak agar terhindar dari pengaruh negative dengan adanya kecanggihan teknologi tersebut. meskipun keberadaan teknologi yang canggih banyak memberikan manfaat tetapi tidak sedikit pula dampak negative yang timbul akibat adanya teknologi tersebut.

Tips mendidik anak di era digital

Manfaat Tes Kesiapan Sekolah

Tak bisa dipungkiri jika mendidik anak di era digital ini seakan menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua. Menurut psikolog anak Jogja, orangtua sendiri memang memiliki peran yang cukup penting dalam mendidik anak mereka tersebut. untuk anda para orangtua yang bingung bagaimanakah cara mendidik anak di era digital ini, maka anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini. 

  • Terapkan komunikasi 2 arah - Dalam mendidik anak-anak, maka komunikasi secara 2 arah memang sangat dibutuhkan. Ini berarti orangtua bukan hanya sekedar melarang maupun memberi perintah saja, tetapi disini para orangtua diharapkan mampu untuk menjadi pendengar yang baik bahkan mampu memberikan solusi kepada anak-anak terhadap semua permasalahan yang sedag terjadi. Anda juga wajib untuk menjelaskan kepada anak-anak hal apa sajakah yang belum pantas untuk dilihat anak-anak. Sebagai contohnya, orangtua harus memberikan penjelasan mengapa anak-anak tidak diperbolehkan untuk menonton suatu video di youtube ataukah menonton acara TV tertentu.
  • Cobalah untuk mengembangkan bakat anak anda - Tak bisa dipungkiri jika sebenarnya kecanggihan teknologi akan memberikan banyak manfaat bagi anda. Melalui gadget yang terhubung dengan jaringan internet inilah akan memberikan kemudahan bagi anak-anak dalam belajar. Disinilah, anda juga bisa memanfaatkan keberadaan internet dan teknologi untuk membantu anak anda dalam mengembangkan bakat yang mereka miliki. Sebagai contohnya jika anak anda memiliki hobi menyanyi, maka anda bisa memberikan video inspirasi menyanyi untuk anak-anak. Selain itu, anda juga bisa mengajak anak anda untuk bernyanyi bersama-sama agar tingkat kepercayaan diri anak anda semakin meningkat.
  • Berikan contoh yang baik kepada anak anda - Seperti yang sudah kita ketahui, anak merupakan seorang peniru yang sangat mahir. Itulah mengapa sebagai orangtua yang baik, anda juga harus mampu untuk memberikan contoh yang baik kepada anak anda dan berhati-hatilah setiap akan bertindak. Sebagai contohnya, anda berjanji dengan pasangan untuk tidak menggunakan gadget ketika anak sedang membutuhkan perhatian anda. Perilaku ini jelas akan langsung ditiru dan dimengerti anak. Anda juga bisa memberikan peraturan kepada anak anda yang baik. Ingat apa yang dilakukan anak anda sekarang merupakan contoh dari perbuatan yang dilakukan oleh orangtua.
  • Berikan aturan yang ketat terhadap penggunaan gadget - Tips mendidik anak di era digital berikutnya adalah berikan aturan ketat terhadap penggunaan gadget. Keberadaan gadget memang sudah tidak bisa dipisahkan dengan siapapun bahkan anak-anak. Pasti sebagai para orangtua, anda juga ingin mengenalkan gadget kepada anak anda bukan? Tetapi yang perlu diperhatikan adalah anda wajib untuk memberikan batasan terhadap penggunaan gadget kepada anak-anak. Cara ini sendiri ternyata sangat penting untuk anda ketahui agar anak anda tidak berlebihan dalam menggunakan gadget. Sebagai contohnya, anda memberikan batasan penggunaan gadget.
  • Jangan lupa untuk tanamkan pendidikan agama sejak dini - Tidak hanya itu saja, mengajarkan pendidikan agama kepada anak sejak dini juga menjadi hal penting berikutnya yang wajib diperhatikan oleh para orang tua. Nilai-nilai agama yang didapatkan oleh anak anda sejak dini pasti bisa menjadi bekal untuk anak anda agar mampu membentengi diri dari perilaku maupun pengaruh buruk pada lingkungan sekitar. Perlu anda ingat jika pendidikan agama ini tidak hanya diperoleh dari pelajaran saja tetapi para orangtua juga harus memberikan contoh yang nyata kepada anak agar bisa ditiru oleh anak anda dengan baik.  

Tantangan mendidik anak di era digital 

  • Kemampuan anak membaca bisa menurun - Ada beberapa tantangan yang sering dihadapi oleh para orangtua dalam mendidik anak di era digital ini seperti kemampuan membaca anak yang semakin menurun. Hal ini disebabkan karena anak-anak sudah terbiasa dalam membaca buku elektronik di internet.
  • Anak-anak jarang bersosialisasi - Tantangan berikutnya adalah keberadaan gadget memang bisa membuat anak-anak jarang untuk bersosialisasi. Inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua dimana harus pandai dalam memberikan batasan penggunaan gadget.
Mendidik anak memang bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi di era digital seperti ini. Itulah mengapa para orangtua harus mengetahui bagaimana tips dalam mendidik anak di era digital diatas.

Hubungi Kami via WhatsApp

© Copyright 2020 Psikolog Jogja - Laksita Educare