Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Baik

Mengetahui setiap karakter anak-anak adalah tugas mutlak dari orang tua, namun tetap harus diikuti dengan tanggung jawab yang besar bagi masa depannya kelak. Termasuk kepada para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Hal ini dikarenakan mendidik anak berkebutuhan khusus berbeda dengan cara mendidik anak pada umumnya

Mendidik anak berkebutuhan khusus dan metodenya

Bagi orang tua yang mempunyai anak berkubutuhan khusus (ABK), pastinya memiliki tantangan tersendiri dalam mengurusnya, jangan biarkan begitu saja karena anak merupakan karunia dari Tuhan dan merupakan berkat bagi Anda dan keluarga. Kesabaran orang tua sangat diperlukan dalam mendidik anak berkubutuhan khusus. Oleh sebab itu, disini akan menjabarkan beberapa cara terbaik untuk mendidik anak berkebutuhan khusus :

mendidik anak berkebutuhan khusus

Lakukan pengawasan sedini mungkin

Anak yang memiliki kebutuhan khusus memerlukan pengawasan yang lebih dibandingkan dengan anak normal. Oleh karena itu, lakukan pengawasan sedini mungkin agar Anda tahu tumbuh dan perkembangan anak Anda . Selain itu, Anda harus waspada jika pertumbuhan mental dan fisik anak mengalami. Bawa anak Anda ke dokter atau ahli agar dapat diperiksa lebih lanjut.

Orang tua harus lebih terbuka kepada anaknya

Pada saat ini, setiap orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus disarankan untuk lebih bersikap terbuka. Sikap terbuka adalah menerima keadaan dan kondisi anak apa adanya. Bahkan anak kebutuhan khusus cenderung lebih cerdas dalam bertindak dengan kebanyakan anak pada umunya.

Tanamkan kemandirian sejak dini

Memberi perhatian lebih kepada anak memang hal yang wajar, namun tetap ajarkansifat kemandirian sejak dini,agar ia akan mampu bertahan di lingkungan sosial. Ajari anak Anda berbagai keterampilan dimuali dari belajar makan, mandi, berangkat sekolah dan lain-lain.

Lakukan kerjasama yang baik

Pengajaran ini penting agar anak dapat bersosialisasi dan mengenal lingkungan sekitar. Dengan bekerja sama, anak-anak akan merasa lebih percaya diri pada saat menghadapi kesulitan.

Ajari anak keterampilan untuk mengeksplorasi kreativitasnya. Orang tua dituntut untuk dapat membantu sang anak dalam menemukan bakatnya. Oleh karena itu, orang tua dihimbau untuk tidak terlalu membatasi kreativitasnya, namun tetap melakukan pengawasan pada sang anak. Setelah itu isi waktu kosong Anda bersama anak untuk berekreasi dan membuat keterampilan yang membantu konsentrasi dan fokus.

Sedikit berbeda dengan mengasuh anak pada umumnya maka mendidik anak berkebutuhan khusus dibutuhkan ketekunan yang ekstra. Namun dengan usaha dan cinta kasih serta metode yang tepat maka anak berkebutuhan khusus akan dapat mandiri kelak.

 

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × one =

WhatsApp chat WhatsApp Kami