Memilih dan Bertahan Pada Pilihan

Kebanyakan potensi kita sia-sia hanya karena tidak pernah digunakan, seperti sebuah baterai yang rusak atau otot-otot yang tidak berfungsi setelah tidur terlalu lama. Bahkan tanpa kita sadar, sebagian besar waktu kita telah gagal untuk membuat suatu pilihan-pilihan karena kita tidak menyadari bahwa kita memilikinya. Padahal pilihan itu tersedia bagi kita di setiap hari dalam kehidupan kita. Kita bisa membuat perubahan pada aspek-aspek kecil dari hidup kita atau bisa mengubah keseluruhan gaya hidup kita dengan hanya membuat pilihan yang berbeda dan tetap bertahan pada pilihan kita tersebut. Kita bisa mendidik diri kita sendiri untuk berhubungan secara lebih efektif dengan lingkungan sekitar maupun orang lain, karena interaksi kita dengan lingkungan akan membuat kita selalu memilih pilihan yang menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar kita, walaupun sebenarnya pilihan tersebut belum tentu baik untuk kita sendiri. Dalam kenyatannya kita bisa mengubah hampir semua yang kita lakukan ke arah yang lebih baik, jika kita menyadari bahwa sebenarnya kita memiliki pilihan-pilihan, tentunya jika kita juga memiliki keinginan yang cukup kuat untuk memilih dan bertahan pada pilihan kita.

bertahan pada pilihan

Hal yang penting untuk dipahami dalam membuat pilihan adalah bahwa di setiap kesempatan untuk memilih, maka setiap pilihan yang kita ambil akan sama pentingnya seperti sebuah kebutuhan hidup, yaitu bahwa kehidupan kita merupakan hasil dari setiap pilihan kita. Kita tidak bisa memilih apa yang akan terjadi dalam kehidupan kita tapi kita bisa memilih bagaimana menyikapinya. Kita mempunyai kemampuan untuk bertahan dalam penderitaan dan mengatasi rintangan. Kita memiliki kapasitas untuk mengalahkan lingkungan yang negatif karena kita mempunyai kehendak bebas. Kebebasan dan kekuatan untuk memilih, karena itulah sudah seharusnya kita selalu memilih sesuatu yang telah dihadapkan kepada kita, tidak diciptakan untuk hidup dengan hanya melihat pilihan tanpa memutuskan mana yang harus kita pilih.

Kita bebas memilih apa yang kita ingin kita capai dalam hidup. Kita bisa mengabaikannya atau menerimanya sebagai dimensi yang penting dalam kehidupan kita. Kita bisa memuja kesenangan dan dunia material atau kita bisa dapat mencari sesuatu yang lebih bermakna.

Kita bisa memilih tujuan kita sendiri. Kita bisa berpetualang tanpa tujuan dan kemudian hidup berdasarkan hal itu. Kita bisa hidup untuk menyenangkan diri pribadi atau kita bisa menemukan sebab yang lebih besar yang menolong kita mengerti dan menghargai kehidupan dengan lebih sungguh sungguh.

Kita bebas memilih dan tetap bertahan pada pilihan kita tanpa memperdulikan lingkungan sekitar. Ini adalah pilihan paling penting yang bisa kita buat karena ini mempengaruhi apapun yang kita lakukan dalam hidup kita sendiri, dan hanya kita sendiri yang mengetahui alasan kita memilih dan bertahan pada pilihan kita tersebut. Kekuatan terbesar yang di miliki oleh seorang manusia adalah kekuatan untuk memilih. Makanya pintar pintarlah dalam memilih supaya kamu tidak menyesal di kemudian hari karena pilihan kamu yang salah dari pekerjaan atau jodoh hal tersebut sangat berpengaruh dalam kehidupan.

Tag :

bertahan pada pilihan,Tetap bertahan pada pilihan dan selalu berhubungan dengan hal-hal yang baik adalah …,

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + 9 =