Memilih Buku Anak Terbaik Untuk Si Kecil

Buah hati anda yang dulu suka menangis kini tumbuh menjadi balita. Pada saat inilah adalah waktu yang tepat untuk orangtua memperkenalkan pengetahuan baru. Salah satunya lewat membaca buku anak-anak. Dengan membaca buku anak-anak si kecil wawasannya tentang hal baru akan bertambah. Sehingga timbul rasa ingin tahu yang besar pada dirinya. Namun, dalam memberikan buku bacaan anak-anak untuk si kecil harus selektif agar bisa digunakan dan bermanfaat dengan baik. Lantas, bagaimana cara memilih buku anak terbaik untuk si kecil ini? Agar semakin jelas lagi informasinya, simak ulasan berikut ini.

memilih buku anak terbaik

Beberapa cara memilih buku anak yang baik untuk si kecil

Minat
Sebagai orangtua Anda pastinya tahu jenis buku apa yang menjadi favoritnya si kecil. Sehingga saat memilih buku bacaan anak untuknya tidak salah. Apakah si kecil ini menyukai komik atau buku yang bergambar tentang binatang, tumbuhan, pesawat dan masih banyak lainnya. Nah, jika si kecil menyukai buku komik, lalu karakter apa yang ia suka? Dengan mengetahui bakat dan minat anak semacam inilah yang bisa dijadikan panduan untuk anda memilih buku anak terbaik untuk si kecil.

Usia
Hal pertama yang perlu anda pertimbangkan saat memilih buku anak terbaik yaitu sesuai dengan usianya. Sebab memilihkan buku yang sesuai dengan anak dapat mempermudah ia memahami makna yang ada didalam buku. Pastikan juga bahwa buku yang dibaca memiliki tema sesuai dengan si kecil serta kata-katanya mudah dimengerti. Pasalnya, anak-anak ini lebih condong kearah buku-buku bergambar sesuatu yang tidak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga bisa memberikan stimulus pada sel otaknya untuk berpikir.

Membuat sendiri
Buku yang terbaik sebenarnya bukan hanya karangan orang lain saja, tetapi bisa juga buatan anda sendiri untuk si kecil. Dengan ide-ide yang ada didalam pikiran Anda bisa menuangkannya dalam sebuah bentuk buku. Jadi, buku terbaik itu bukan hanya miliknya penulis atau komikus yang handal. Seorang bunda pun juga bisa membuatkan untuk anaknya. Membuat buku sendiri untuk si kecil, pertama yang harus anda ketahui adalah kesukaanya. Setelah anda mengetahui apa yang disukainya, waktunya anda mengumpulkan beberapa kertas yang ditempeli potongan gambar. Sertakan juga kata-kata lucu atau pesan yang bisa membuat si kecil termotivasi. Jangan lupa dijilid ya! Agar tidak berantakan urutan gambarnya serta kelihatan rapi.

Mungkin dengan beberapa cara diatas mengenai memilihkan buku anak terbaik untuk si kecil bisa dijadikan panduan untuk Anda. Dengan begitu si kecil pun menjadi bahagia ketika membaca buku.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − seven =