free site design templates

Manfaat Tes Psikologi

Tes Psikologi adalah tes yang bertujuan untuk mengukur aspek psikis dari seseorang atau individu. Dalam penyajiannya tes psikologi atau psikotes bisa berupa tertulis, gambar, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi guna mengukur fungsi kognitif serta emosional seseorang yang dapat diterapkan pada usia anak ataupun dewasa. Terdapat berbagai macam tes psikologi sesuai dengan tujuan dan kebutuhannya, begitu juga dengan alat psikotes juga sangat beragam.

Tes Psikologi dan Manfaatnya

Manfaat Tes Kesiapan Sekolah

Hampir bagi semua anak berusia 6-7 tahun, masuk Sekolah Dasar menjadi sebuah pengalaman baru dalam hidupnya. Kendati pada sebagian dari mereka pasti telah menjalani masa pra sekolah di PAUD, Play Group, Day Care hingga Taman Kanak-kanak. Tidak jarang orang tua menemui kesulitan ketika putra-putri mereka mengalami masalah pada hari-hari pertama di lingkungan Sekolah Dasar. Mulai dari mempersiapkan mereka untuk berangkat sekolah hingga mungkin kerewelan ketika anak merasa kurang nyaman atau takut ditinggal pulang orang tuanya. Bahkan tidak jarang ada beberapa orang tua yang terpaksa ikut sekolah di minggu-minggu pertama mereka bersekolah.

Hal ini yang kemudian menjadikan pentingnya para orang tua agar mengetahui kesiapan putra-putri mereka ketika akan masuk Sekolah Dasar. Disini adalah peran atau manfaat Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar pada anak sebelum masuk SD.

Tes kesiapan sekolah memiliki tujuan supaya anak tidak mengalami hambatan atau kesukaran ketika belajar di SD. Menggunakan tes ini juga bisa mengetahui kesiapan anak terkait tingkat kecerdasan dan kematangan mereka ketika masuk Sekolah Dasar dengan usia kurang dari 7 tahun. Dengan durasi pelaksanaan tes yang bervariasi pada setiap anak, dalam tes ini juga akan dilakukan konsultasi dengan orang tua anak tersebut.

manfaat tes psikologi

Manfaat Tes Minat Bakat

Berkerja dalam bidang atau profesi yang sesuai dengan minat maupun bakat tentunya menjadi sebuah harapan bagi setiap orang. Namun dalam kenyataannya ada banyak orang yang tidak bisa memperoleh hal tersebut. Hal ini tidak hanya terkait karena kesempatan kerja yang tersedia saja namun juga bisa disebabkan oleh perencanaan awal ketika memilih studi atau jurusan sekolah. 

Ada begitu banyak pelajar yang tidak begitu memperhatikan akan pentingnya memilih jurusan sekolah, terlebih pada mereka ketika lulus SMP yang kemudian memilih SMK, hingga di perguruan tinggi yang memilih jurusan tidak selaras dengan minat bakat mereka. Ada sebagian yang memilih jurusan karena keinginan orang tua, mengikuti jurusan yang sedang trend saat itu, hingga yang lebih parah lagi karena hanya mengikuti teman-teman mereka saja. 

Ada beberapa orang yang bisa dengan baik menjalani pendidikan atau bidang pekerjaan yang tidak sesuai minat bakat mereka, walaupun begitu tentu mereka akan lebih berprestasi jika berada di tempat yang selaras dengan kemampuan juga passionnya. 

Apabila seseorang telah mengetahui bakat juga minat dirinya maka diharapkan individu tersebut mampu memaksimalkan seluruh potensi yang dipunyai. Ketika seseorang mulai memilih jurusan pendidikan yang selaras dengan bakat, tentu dia akan dengan gampang menerima materi yang dipelajarinya untuk lalu dikembangkannya pada pekerjaan nantinya. Manfaat mengikuti tes minat dan bakat di jogja akan membantu setiap individu agar mampu menemukan kenyamanan dan kesenangan ketika belajar serta bekerja dengan penuh inovasi nantinya. 

Manfaat Tes Penerimaan Karyawan

Setiap individu tentu ingin memiliki perkerjaan yang mapan dan nyaman, dan begitu juga setiap perusahaan tentu ingin memiliki karyawan yang mumpuni dan menguasai bidang pekerjaan yang diberikan dengan hasil yang maksimal untuk keuntungan perusahaan. Dalam bidang industri organisasi, tes seleksi karyawan bertujuan untuk memperoleh kandidat pekerja dengan kemampuan yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan. Dalam pelaksanaan penerimaan karyawan di perusahaan diawali mulai dari seleksi surat lamaran hingga panggilan tes. Biasanya pada sesi tes penerimaan karyawan akan dilakukan psikotes atau tes psikologi hingga tes wawancara nantinya di akhir. 

Jadi tidak hanya cukup berdasarkan informasi nilai dari ijasah serta jurusan sekolah saja, namun kompetensi calon karywan akan diuji melalui tes psikologi penerimaan karyawan di perusahaan atau biro psikologi terdekat. 

Disamping manfaat tes psikologi di atas masih ada beberapa kegunaan psikotes sesuai dengan jenis dan alat tes yang digunakan. Beberapa diantaranya adalah Tes Kecerdasan, Tes Kepribadian dan berbagai tes psikologi lain yang bisa anda peroleh di Biro Psikologi Laksita Educare dengan menghubungi lewat WA di 08170434500.

Hubungi Kami via WhatsApp

BAGIKAN LAYANAN PSIKOLOGI KAMI

© Copyright 2018 Laksita Educare - Psikolog Jogja