Konsep Diri yang Harus Dimiliki Anak Usia Sekolah

Penting bagi ayah dan bunda membangun kosep diri pada anak semenjak usianya masih dini. Supaya nanti saat mulai memasuki dunia sekolah anak sudah mempunyai konsep diri. Sehingga anak bisa menjalani aktivitasnya di sekolah dengan lancar. Dengan begitu anak akan merasa nyaman dan kerasan. Nah, untuk itu sebagai orangtua ayah dan bunda harus membangun konsep diri pada anak agar ia bisa beraktivitas dengan bahagia. Sedangkan konsep diri yang perlu dimiliki oleh anak saat ia sudah memasuki usia sekolah ada banyak macam. Lantas, apa saja konsep diri yang harus dimiliki oleh anak saat usia sekolah? Untuk lebih detailnya lagi, berikut ini beberapa konsep diri yang harus dimiliki anak.

Konsep Diri yang Harus Dimiliki Anak Usia Sekolah

Beberapa konsep diri yang harus dimiliki anak usia sekolah

Identitas diri
Ketika anak memasuki dunia sekolah ia akan ditanya tentang identitas dirinya. Siapa namanya, dimana tempat tinggalnya dan masih banyak pertanyaan lainnya. Dengan bunda mengajarkan berbagai macam pertanyaan yang sering dilontarkan, sehingga saat anak memasuki usia sekolah bisa menjawab dengan lancar. Nah, mengajarkan identitas anak perannya penting untuk membangun konsep diri.

Aspek eksistensial
Merupakan salah satu sikap yang mampu mengenali sifat dan temperamen yang ada pada dirinya sendiri serta orang lain. Mengenali sifat ini sangatlah penting sekali, sebagai orangtua Anda harus berhati-hati dalam mengucapkan setiap kata yang dilontarkan pada anak. Mengapa? Karena setiap lontaran kata tersebut akan membentuk konsep diri pada anak. Jadi, bunda dalam memberikan label pada anak harus berhati-hati jangan sampai salah, sebab bisa berakibat buruk baginya.

Aspek karakteristik asal
Yang dimaksud aspek karakteristik asal ialah kemampuan anak dalam mengenali asal usulnya. Suatu misal, aku anak perempuan, namaku Nina, usiaku sekarang 10 tahun, aku adalah campuran orang Jawa dan Batak. Dengan ia mengetahui aspek tersebut sehingga anak bisa memperkenalkan diri dan mengetahui siapa jati dirinya.

Demikian beberapa konsep diri yang perlu dibangun ketika anak berusia sekolah yang bisa Anda terapkan padanya. Semoga dengan sedikit informasi diatas tentang konsep diri yang harus dimiliki anak usia sekolah bisa membantu Anda untuk menerapkannya pada anak anda. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three − two =