Inilah Beberapa Pertanyaan Interview Kerja

Pada sebuah proses recruitment karyawan di sebuah perusahaan, selain diberikan psikotes untuk seleksi calon karyawan juga akan ada sebuah tes interview. Sebenarnya tes interview termasuk jenis tes yang santai namun sebenarnya bertujuan untuk menggali informasi secara langsung serta kemampuan berbicara calon karyawan dalam menjawab setiap pertanyaan interview kerja yang diberikan. Pewawancara biasanya akan memulai interview dengan mengajukan beberapa pertanyaan ringan sebagai pemanasan di menit-menit awal yang akan mengakrabkan dengan orang yang akan diwawancarainya. Beberapa pertanyaan yang sering diajukan pada menit awal saat interview dilakukan antara lain adalah:

• Lama nggak tadi menunggunya ?
• Jam berapa tadi anda berangkat dari rumah kesini?
• Naik apa tadi kesini?
• Gimana, tadi macet nggak di jalan ?
• Tadi cari alamat perusahaan ini sempat kesulitan nggak ?

Pertanyaan Interview Kerja

Cara menjawab pertanyaan interview kerja

Beberapa pertanyaan awal interview di atas tentu dengan mudah dapat anda jawab, bahkan mungkin bagi anda tidak begitu penting, namun pada tahap ini seorang calon karyawan harus mampu menciptakan kesan pertama yang menyenangkan. Dan ini menjadi awal kualitas dalam proses tes wawancara kerja selanjutnya.

Setelah diberikan beberapa pertanyaan ringan diatas maka pada tahap berikutnya topik pembicaraan wawancara kerja akan berkisar pada diri pribadi, keluarga, pendidikan, riwayat kerja bahkan kegiatan di waktu luang yang dilakukan calon karyawan. Tidak perlu gugup dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan, karena sudah dipastikan semua pertanyaan yang diberikan saat interview kerja pasti dapat anda jawab. Hanya saja berikan jawaban dari setiap pertanyaan interview kerja tersebut secara rinci, lancar dengan ekspresi wajah yang ramah dan ceria. Sebagian jawaban anda sebenarnya sudah ada di berkas lamaran seperti ijazah, sertifikat, surat pengalaman kerja dan sebagainya, namun dalam tes wawancara kerja akan melihat kemampuan anda berbicara dan dalam menjelaskan diri anda sendiri apakah anda benar-benar mengenal diri anda sendiri atau tidak.

Tahapan selanjutnya dalam tes wawancara kerja adalah berupa pertanyaan yang berkaitan dengan bidang kerja yang akan anda lamar. Karena wawancara yang dilakukan berkaitan tentang pekerjaan, maka inti dari setiap pertanyaan interview kerja adalah berupa pembicaraan yang fokus pada jabatan atau pekerjaan yang dilamar oleh calon karyawan. Pada tahap ini calon karyawan harus mampu mengungkapkan kemampuan-kemampuan yang dimilikinya dalam mengisi jabatan yang sesuai, dan akan lebih baik jika calon karyawan dapat mendiskripsikan berdasarkan pengalaman kerja di tempat sebelumnya.

Tag :

tes wawancara di biro psikologi,

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 9 =