Hal-Hal yang Dapat Membebaskan Anak Dari Bahaya Narkoba

Sebagai orangtua kita tidak bisa selalu menemani anak seharian penuh, karena ada waktunya anak-anak ini tidak bisa ditemani oleh orangtua, yaitu saat berada di lingkungan sekolah. Pada saat kita jauh dari anak-anak, pastinya sebagai orangtua ada rasa khawatir pada anak dengan pergaulannya. Salah dalam bergaul bisa membuat anak lari pada barang yang mengganggu kesehatannya salah satunya, yaitu mengkonsumsi narkoba. Tentu Anda tidak mau kan? Lalu, bagaimana cara agar anak bisa terbebaskan dari bahaya narkoba? Agar tambah jelas, yuk simak lansirannya dibawah ini mengenai beberapa hal yang dapat membebaskan anak dari bahaya narkoba :

 hal yang dapat membebaskan anak dari bahaya narkoba

Membebaskan Anak Dari Bahaya Narkoba

Aktivitas non-akademis
Salah satu cara yang bisa membuat anak ini bisa bebas dari narkoba dengan memperkenal pada kegiatan non-akademis, diantaranya yaitu klub futsal, membentuk band dan masih banyak lainnya. Dengan begitu anak akan merasa yang namanya tampil  dengan percaya diri di depan umum. Rasa percaya dirinya anak pun akan tinggi sehingga ia berusaha mencapai keinginannya dengan prestasi.

Penghargaan
Membuat anak bahagia bukan hanya dengan memberikannya hadiah saja, namun memberikan penghargaan atas apa yang ia capai juga perlu. Mengapa? Karena hal ini bisa membuat ia merasa diperhatikan oleh orangtuanya. Apalagi jika Anda mengatakan didepan orang banyak, semakin membuatnya bangga dan percaya diri. Sehingga anak bisa bebas dari bahaya narkoba dan lebih condong ke hal-hal yang sifatnya bermanfaat. Selain itu juga, anak akan bersemangat menunjukkan skill yang dimilikinya.

Cinta
Setiap pendidikan yang diberikan kepada anak sebaiknya berdasarkan rasa cinta. Pasalnya, rasa cinta yang Anda berikan pada anak akan membuatnya jadi pemenang. Berbeda jika Anda setiap kali anak melakukan kesalahan besar atau kecil dengan memarahinya. Justru hal ini membuatnya jadi pecundang. Dan ujung-ujungnya lari ke obat-obatan, yaitu narkoba. Jika ini terjadi sungguh disayangkan sekali sebab bisa membahayakan dirinya. Untuk itu, setiap kali memberikan pendidikan pada anak harus berdasarkan cinta agar terhindar bahaya narkoba.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjauhkan anak dari bahaya narkoba. Sudah menjadi tugas sebagai orang tua untuk membekali anak dengan pemahaman akan bahaya narkoba dan mengarahkan mereka dengan hal yang dapat membebaskan anak dari bahaya narkoba.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × one =