Dampak Negatif Teknologi Pada Anak

Memperkenalkan teknologi pada si kecil yang usianya masih dini memang mempermudah kita dalam memberikan pengetahuan baru dan stimulus. Tetapi disisi lain memiliki dampak negatif bagi si kecil. Selain itu si kecil ini akan memiliki perkembangan berbeda dengan anak pada umumnya. Nah, untuk itu pengenalan teknologi pada si kecil harus tepat. Supaya si kecil tidak terkena dampak negatifnya dikehidupan nantinya. Lalu, apa saja dampak negatif yang akan ditimbulkan dari pengenalan teknologi terlalu dini? Untuk lebih jelasnya lagi, yuk simak ulasannya mengenai dampak negatif teknologi pada anak dibawah ini.

dampak negatif teknologi pada anak

Beberapa Dampak Negatif Akibat Mengenal Teknologi Terlalu Dini

Cepat dewasa
Salah satu dampak negatif yang akan timbul jika terlalu dini mengenalkan teknologi pada anak yakni tumbuh cepat dewasa. Contohnya anak yang usianya 8 sampai 10 tahun sudah mulai menyukai konten orang dewasa yaitu sosmed. Sungguh memprihatinkan! Dengan ketertarikannya pada konten tersebut maka si kecil kehilangan kepolosannya. Sehingga si kecil pun menjelajahi berbagai hal di dunia luar. Nah, untuk itu sebagai orangtua Anda harus mengawasi si kecil agar tidak membuat akun disosmed sampai ia sudah siap.

Malas
Kemajuan teknologi memang membuat kita semakin mudah melakukan segala hal. Namun, jangan biarkan kemajuan teknologi ini membuat si kecil jadi seorang anak pemalas. Faktanya, pengenalan teknologi yang terlalu dini cenderung membuat anak menjadi pemalas. Kenapa? Karena si kecil ini lebih suka duduk di sofa bermain video game. Kejadian yang seperti ini membuat si kecil kehilangan komunikasi dengan teman seusianya.

Belajar kekerasan
Sekarang ini banyak video game yang dijual di pasaran mengajarkan adengan kekerasan. Justru hal tersebut akan membuat si kecil meniru dan mempraktekkan apa yang ia lihat dari video game dalam kehidupan sehari-harinya. Sehingga si kecil ini akan berpikiran bahwa kekerasan adalah hal yang lumrah. Supaya kejadian yang seperti tersebut tidak terjadi pada si kecil sebagai orantua bunda harus mengawasinya saat bermain video game. Berikan juga pengertian bahwa kekerasan yang ia lihat dalam video game tersebut tidak baik ditiru dalam kehidupan nyata.

Demikian itu adalah beberapa dampak negatif dari pengenalan teknologi terlalu dini pada si kecil yang akan timbul. Sebenarnya masih banyak dampak negatif teknologi pada anak lainnya yang akan timbul akibat pengenalan teknologi terlalu dini. Semoga informasi yang kali ini mengenai dampak negatif dari pengenalan teknologi terlalu dini dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 3 =