Cara Mengubah Kebiasaan

Dalam sebuah kehidupan keluarga apalagi yang telah memiliki seorang anak, maka topik tentang cara mengubah kebiasaan seperti ini akan selalu muncul. Pada dasarnya bahwa seperti halnya sikap, kebiasaan juga dapat diubah. Dan usia seseorang ataupun lamanya kebiasaan tidak bisa dijadikan alasan bahwa kebiasaaan tidak dapat diubah. Satu hal yang penting adalah seperti keinginan seseorang ketika bertanya “pernahkan anda mendengar bahwa anda tidak bisa mengajari anjing tua mengenai suatu trik yang baru?’ Secara umum jawaban nya adalah iya, namun sejumlah pelatih anjing membuktikan bahwa hal itu salah. Di samping itu pesan yang disampaikan bukan untuk anjing tua dan bukan tentang trik, pesan ini lebih untuk manusia dan menyangkut kebiasaan. Cara Mengubah Kebiasaan

Ada seseorang yang sekitar sebelas tahun yang lalu telah mengubah suatu kebiasaan yang telah dimiliki lebih dari 30 tahun, kebiasaan tersebut adalah menyumpahi. Bahkan selama 30 tahun tersebut dia tidak pernah berpikir bahwa hal tersebut salah “ setiap orang melakukannya lagi pula itu hanyalah kata kata adalah alasannya. Namun suatu hari teman dekatnya menegur secara halus mengenai hal tersebut. Teman itu bertanya apakah dia menyadari bahwa kata kata yang telah dia gunakan mencerminkan sesuatu tentang dari dirinya? Temannya bertanya pernahkah terjadi kata kata yang dia gunakan menyerang orang lain. Dan juga bertanya apakah dia tidak mampu berkomunikasi dengan cara yang lebih baik dengan memilih kata kata yang lebih efektif? Setelah dia memikirkannya sejenak, maka orang tersebut mencoba berhenti melakukannya. Ya hanya seperti itu. Mengapa? Pertama karena dia mengganggap perlunya ada perubahan. Bahasa yang digunakan untuk memaki sering kali menyerang orang lain dan merugikan diri sendiri. Kedua, karena memang seseorang itu mempunyai keinginan yang cukup kuat. Semakin dia memikirkan apa yang dikatakan oleh temannya itu semakin besar keinginannya untuk membuat perubahan yang besar, keinginan untuk membuat perubahan itu tidak bermaksud mengatakan bahwa kebiasaan yang telah berlangsung lama dapat dihentikan dengan mudah begitu saja. Sesungguhnya cara mengubah kebiasaan seperti itu adalah perkecualian, dan bukan sebuah aturan terutama jika kebiasaan tersebut seperti minum minuman keras merokok mau pun menggunakan narkoba. Namun titik awal untuk memulainya sama saja yaitu kebutuhan dan keinginan untuk berubah. Jika keduanya tidak ada maka semua bantuan di dunia akan sia sia.

Walaupun cara mengubah kebiasaan dengan mencoba menghentikan kebiasaan buruk hanya dengan keinginan saja jarang berhasil. Yang terbukti jauh lebih efektif adalah dengan menggantikan kebiasaan dengan menggantinya dengan suatu tingkah laku yang lebih positif.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − four =