Cara Mengajarkan Si Kecil Agar Cepat Berbicara

Hemmm…. betapa senangnya saat pertama kali mendengar si kecil bisa bicara. Pastinya! Mendengar si kecil bisa mengucapkan kata-kata adalah kebahagian bagi seorang ibu. Meskipun kata-kata yang si kecil lafalkan terkadang membuat tertawa. Ya, dengan suara lirih dan terbata-bata. Setidaknya si kecil bisa mengeluarkan kata-kata yang bisa dengar dari mulutnya. Namun, bila si kecil tidak kunjung bisa bicara pastinya ada sebuah rasa cemas dankhawatir yang menyelimuti hati seorang ibu. Karena takut bayinya tidak bisa bicara. Sedangkan teman-teman seusianya sudah bisa bicara, pasti rasa cemas dan khawatir semakin bertambah. Jangan cemas dan panik dulu, ya! Disini akan diberikan bagaimana cara mengajarkan si kecil agar cepat berbicara. Lalu, bagaimana caranya? Nah, untuk jelasnya silahkan Anda baca artikel di bawah ini.

cara mengajarkan si kecil agar cepat berbicara

Ini beberapa cara mengajarkan si kecil agar cepat berbicara

Dongeng sebelum tidur
Ketika si kecil hendak tidur biasakan membacakannya sebuah dogeng. Entah itu dongeng lelucon, fabel, legenda, sage dan mite. Dengan Anda membacakan dongeng ketika si kecil hendak tidur, dongeng tersebut sebagai perantara komunikasi yang terampil. Memang pada awal si kecil hanya jadi pendengar, tetapi jika secara rutin dibacakan dongeng ketika hendak tidur, maka ia akan mengucapakan kata-kata yang sering didengarkannya saat dibacakan dongeng.

Nyanyian
Ternyata, menyanyikan sebuah lagu untuk si kecil bagus sekali, lho! Anda bisa mencobanya dengan menyanyikan sebuah lagu menggunakan rima sama, pada beberapa sajak lirik lagu. Cara ini mempermudah si kecil untuk mengingat dan menirukan nyanyian tersebut. Sehingga si kecil akan lebih cepat berbicara. Meskipun pada awal bicara biasanya bayi mengucapkannya dengan terbata-bata. Yah, setidaknya si kecil ini bisa mengeluarkan kata-kata.

Meminta si kecil untuk mengulangi
Cara lain yang bisa digunakan agar si kecil bisa cepat berbicara, yaitu memintanya untuk mengulang kata-kata yang diucapkan. Kegiatan yang dilakukan ini sangat membantu sekali dalam proses mempercepat bicara si kecil. Mengulang kata-kata yang terdapat pada dongeng dengan membacakannya pada si kecil bisa membuat si kecil mengingat dan menirukan apa yang Anda ucapkan.

Demikian itu adalah beberapa cara mengajarkan si kecil agar cepat bicara yang dapat Anda terapkan. Sebenarnya masih banyak cara lainnya yang bisa Anda gunakan. Semoga informasi yang kali ini kami berikan mengenai cara mengajarkan si kecil agar cepat bicara bermanfaat.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 2 =

WhatsApp chat WhatsApp Kami