Cara Menemukan Kekuatan Terbesar Kita

Apakah anda sadar berapa banyak orang yang menjalani hidup ini yang berpikir bahwa satu satunya pilihan yang mereka punya adalah hal hal yang ada dalam jadwal TV dan papan menu di restoran. Apakah anda tahu bahwa kebanyakan orang berpikir tempat mereka dalam kehidupan sudah ditentukan terutama oleh lingkungan keberuntungan atau perputaran planet planet? Tujuan bab ini adalah untuk menolong anda melihat sesuatu yang tidak terlihat kita. Karena terlalu banyak orang yang tidak pernah mengetahui kebebasan terbesar yang kita punya, yang terjadi menjadi sumber kekuatan terbesar kita. Dan karena kebebasan itu tidak diketahui maka tidak digunakan. Bagaimanakah cara menemukan kekuatan terbesar kita ? Itu adalah kemampuan kita untuk memilih.

cara menemukan kekuatan terbesar kita

Beberapa dari kita tidak sepenuhnya menyadari hal tersebut sebagai salah satu kunci untuk menikmati hidup, bahkan sampai kita mulai memasuki usia dewasa. Di sebuah universitas San Fransisco para siswanya dibentuk untuk memandang kehidupan secara berbeda. Universitas San Fransisco sebuah sekolah jesuit dan diharuskan mengambil mata kuliah filsafat tiap semesternya. Kelompok jesuit suatu kelompok pendeta katholik berpendidikan sangat terkenal dengan ajaran filosofisnya. Mereka mengatakan kepada siswanya bahwa sebelum kita terjun ke kehidupan yang sebenarnya yang sebenarnya mereka ingin mendidik siswanya untuk dapat berpikir, tentang Tuhan, kehidupan dunia dan tempat kita di dalamnya. Siswa diharuskan menulis paper tentang makna kehidupan dan alasan keberadaan mereka di dunia. Mereka juga mengadakan debat tentang benar dan salah serta tentang kebaikan dan kejahatan semuanya adalah materi yang berat tapi merupakan proses latihan yang bagus. Mereka belajar untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang kehidupan untuk menerima apa adanya dan untuk menjalani dengan lebih efektif yang mereka memang melakukannya untuk dapat belajar berfikir.

Pada suatu hari di kelas tersebut mengadakan debat tentang eksistensi Tuhan. Setelah berlangsung agak lama salah seorang siswa menantang guru dengan sebuah pertanyaan yang sudah sering dilontarkan. Dia bertanya jika Tuhan memang begitu baik dan berkuasa mengapa Dia menciptakan banyak penderitaan didunia. Mengapa tidak membuat kita senantiasa sehat dan bahagia sepanjang waktu. Guru disana tampaknya memang tengah menunggu nunggu pertanyaan seperti itu dan seorang siswa tersebut tidak pernah lupa jawaban yang beliau ucapkan jika Tuhan menciptakan kita seperti apa yang kami tanyakan, kita tidak lebih dari sekadar boneka. Tuhan akan memainkan benangnya dan kita sama sekali tidak memiliki kekuasaan atas diri kita sendiri. Memang benar kita tidak akan mengalami pengalaman kesakitan dan penderitaan tapi tanpa itu semua kita pun tidak akan pernah merasakan arti kemenangan dan kebahagian yang sesungguhnya dalam hidup. Tuhan memberikan kepada kita kehidupan dan kemudian memberikan kebebasan untuk memutuskan apa yang akan kita lakukan dalam kehidupan ini. Tuhan memberikan keleluasaan kepada kita untuk memilih jalan kita sendiri. Itulah sebenarnya cara menemukan kekuatan terbesar kita.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine − 8 =