Cara Mendidik Anak Sejak Bayi Agar Menjadi Pintar

Anak adalah titipan dari Tuhan yang harus selalu dijaga dan menjadi tanggung jawab orangtuanya. Dalam hidupnya, Anak selalu mengalami pertumbuhan dan perkembangan untuk mencapai masa remaja dan dewasa. Pertumbuhan dan perkembangan anak bahkan telah dimulai sejak anak masih bayi dan saat anak masih dalam kandungan. Didikan orangtua terhadap anak akan sangat menentukan seperti apa anak akan berkembang. Karena itulah mendidik anak sejak dini, yaitu mendidik anak sejak bayi sangat penting.

mendidik anak sejak bayi

Pentingnya mendidik anak sejak bayi

Bayi adalah masa di mana kecepatan pertumbuhan dan perkembangan anak sangat tinggi. Bayi memiliki kemampuan untuk belajar dengan cepat terhadap lingkungan sekitarnya karena bayi harus beraptasi dengan lingkungannya. Keistimewaan dari bayi maupun anak-anak adalah pada masa itu adalah bisa belajar dengan mudah terhadap sesuatu. Selain itu, proses belajar yang dilakukan pada masa bayi dan anak-anak juga bisa sangat mempengaruhi bayi tersebut. Pasalnya, bayi masih belum memiliki dasar atau pengetahuan tentang kehidupan, berbeda dengan anak remaja atau orang dewasa. Karena itulah pada saat-saat tersebut, orangtua harus memperhatikan lingkungan tempat anaknya tumbuh, serta berusaha untuk membuat lingkungan tumbuh tersebut menjadi lingkungan tumbuh yang ideal. Dengan begitu, bayi bisa tumbuh dengan baik.

Kepintaran pada umumnya adalah suatu karunia yang diwariskan dari orangtua kepada anaknya. Namun, kepintaran tidak hanya dipengaruhi oleh genetik tetapi juga bisa dipengaruhi oleh cara orangtua dalam mendidik anak, misalnya cara orangtua mendidik anak sejak bayi. Kondisi lingkungan sekitar yang ideal juga sangat mempengaruhi kepintaran anak.
Bagi Anda yang ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar, Anda bisa memulainya dengan cara mendidik anak sejak bayi, yaitu dengan mengajarkan pada anak sedini mungkin tentang banyak hal. Misalnya Anda bisa sering-sering ngajak bayi Anda keluar rumah unutk berjalan-jalan sehingga bayi Anda bisa lebih mengenal dunia. Cara ini juga bisa merangsang perkembangan mental bayi. Hindari nonton TV jika Anda berharap anak Anda tumbuh pintar. Sebaliknya, Anda bisa mengenalkan anak Anda pada beberapa bahasa sekaligus.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 4 =

WhatsApp chat WhatsApp Kami