Cara Mendidik Anak Remaja Perempuan Yang Tepat

Remaja merupakan tahap perkembangan yang sangat krusial dalam kehidupan. Pasalnya, anak yang dalam masa remaja merupakan anak yang masih sangat labil kondisi mentalnya. Karena itulah tidak sedikit anak remaja yang berkembang menjadi anak nakal. Karena itulah mendidik anak remaja harus dilakukan dengan baik. Tidak hanya anak kecil saja yang memerlukan bimbingan dari orangtua. Anak remaja juga membutuhkan bimbingan dari orangtuanya karena masa remaja merupakan masa peralihan. Semua anak remaja membutuhkan orantuanya untuk memberikan bimbingan, terutama anak remaja perempuan. Anak remaja perempuan bisa jadi lebih rawan terhadap kesalahan sehingga mendidik anak remaja perempuan harus dilakukan dengan baik

mendidik anak remaja perempuan

Bagaimana mendidik anak remaja perempuan

Menurut biro psikologi Yogyakarta Laksita Educare Insight, anak remaja pada umumnya berada dalam kondisi mental yang sangat labil. Karena itulah anak remaja sangat mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungannya. Kenakalan juga rentan terjadi pada usia remaja dibanding pada anak-anak. Untuk itu, orangtua perlu memikirkan sesuatu agar anak remajanya tidak bergaul di jalan yang salah sehingga dapat menghancurkan masa depannya. Orangtua harus memberi bimbingan dan didikan yang baik agar anaknya bisa tumbuh dengan baik tanpa mengalami kesalahan fatal di masa remajanya.

Salah satu hal yang paling penting dalam mendidik anak remaja terutama mendidik anak remaja perempuan adalah dengan memberikan pendidikan agama kepada anak. Sebuah pendidikan agama adalah pendidikan dasar yang bisa membatasi apa yang baik dan yang buruk, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Dengan memberi pendidikan agama yang intensif, anak remaja bisa tahu dengan jelas apa yang baik dan yang buruk. Pengetahuan tentang yang baik dan yang buruk tersebut bisa memberi kendali terhadap anak remaja sehingga anak tidak melakukan perbuatan yang buruk yang tidak boleh dilakukan.

Selain memberikan pendidikan agama, orangtua juga bisa mendidik anaknya khususnya mendidik anak remaja perempuan dengan membina hubungan yang baik dan dekat dengan sang anak. Beri anak kepercayaan dan tanggung jawab sehingga anak merasa dipercaya dan akan menghargai kepercayaan yang diberikan oleh orangtuanya. Dengan begitu, anak tidak akan berpikir untuk melakukan sesuatu yang tidak disukai orangtuanya.

Tag :

cara mendidik anak remaja perempuan,

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − four =