Cara Mendeteksi Kebohongan Dengan Mudah

Sikap pembohong cenderung lebih negatif, karena di alam bawah sadarnya mereka merasa bersalah lantaran pernah berbohong. Bahkan pembohong jarang mengacu pada dirinya dalam sebuah pernyataan yang memperdayakan. Maka tak heran, jika tipikal orang pembohong akan menjelaskan sesuatu dalam kalimat sederhana, karena otak berjuang keras membangun kalimat yang rumit. Sementara itu pembohong tidak sadar bahwa ada beberapa cara mendeteksi kebohongan dengan mudah.

Mengenali tanda-tanda dari seorang pembohong akan sangat membantu anda. Hal ini karena untuk membantu pilihan yang salah dan menjaga anda agar tidak menghabiskan terlalu banyak waktu dalam hubungan yang berbahaya. Kejujuran adalah tindakan yang terbaik dalam sebuah hubungan. Inilah cara mendeteksi kebohongan dengan mudah.

Cara mendeteksi kebohongan dengan mudah

cara mendeteksi kebohongan dengan mudah

1.Perhatikan Perubahan Perilakunya

Menilik perilaku orang jikalau jujur dengan orang berbohong sangat berbeda jauh. Anda pasti akan merasakannya, dimana hal tersebut termasuk alasan mengapa anda harus membangun kedekatan dahulu. Perubahan perilaku seseorang secara mendadak, bisa jadi dia lagi mencoba membohongi anda. Pasalnya mendadak lupa pada bagian-bagian cerita tertentu, seperti menjawab kalimat singkat-singkat, dan tidak akan memberikan detail alur cerita, kemudian gaya bicara terlihat lebih tegang.

2. Membangun Kenyamanan

Jika anda sedang mendeteksi kebohongan seseorang, bangun kenyamanan dulu. Anda bisa deketin dia terlebih dahulu, lalu ajak dia ngobrol biasa. Tanyakan pertanyaan-pertanyaan yang simpel. Bukan hanya itu, ajak bercanda sehingga dia akan ketawa lepas. Pastikan anda membuat dia merasa nyaman. Pasalnya orang yang sudah nyaman, akan membuatnya bisa mengakui kebohongan lebih cepat.

3. Berikan Pertanyaan yang Mengejutkan

Para pembohong sudah tahu jika dia akan bakal diinterogasi. Maka dari itu, dia sudah menyiapkan jawaban. Tugas anda adalah menyiapkan pertanyaan yang tidak terduga. Pertanyaan yang ajaib sehingga dia kaget dan tak siap mengarang jawaban. Jika sudah seperti ini biasanya si pembohong langsung gelagapan. Sebelum berbicara langsung sama dia, anda perlu siapkan pertanyaan yang mengejutkan.

4. Ceritakan Dari Akhir

Anda akan menanyakan ke si pembohong dengan cara biasa. Anda bisa menyuruhnya cerita dari awal hingga akhir. Cobalah untuk berpura-pura percaya akan kebohongan yang telah diperbuat. Selepas itu, anda menyuruh dia bercerita secara detail apa yang sebenarnya terjadi. Jika memang jujur, dia akan merasa inget dan hafal sama ceritanya. Namun sebaliknya dia akan terbata-bata bercerita kala sedang berbohong dan merasa bingung. Di samping itu, kondisi raut wajah terihat merah dan gugup karena merasa bersalah.

5. Kejar Kebohongan

Biasanya cerita bohong meninggalkan celah, yang bisa anda ketahui dari perubahan nada dia saat ngomong, sikap salah tingkah, dan perubahan ekspresi wajah.Saat celah ini muncul, coba suruh dia perjelas celah itu. Suruh dia cerita dengan lebih detil. Anda tidak perlu terlalu mendengarkan jawabannya, cukup liat perubahan perilakunya. Jika mulai tidak tenang, anda boleh mulai curiga.

Berikut tadi beberapa cara mendeteksi kebohongan dengan mudah. Namun perlu di ingat, anda perlu tenang. Jangan sampai kebawa emosi dalam menghadapi seseorang yang sedang berbohong. Semoga hidup anda tidak lagi dipenuhi dengan kebohongan.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × five =

WhatsApp chat WhatsApp Kami