Psikologi Quantum Learning Dalam Pendidikan

Hingga saat ini di dalam dunia pendidikan bahkan oleh biro psikologi Quantum Learning belum begitu dikenalkan kepada masyarakat. Hal ini wajar karena metode ini memang belum secara umum dipahami dengan mudah. Psikologi Quantum Learning sendiri adalah sebuah metode pembelajaran yang dikembangkan oleh Bobbi De Porte.

biro psikologi quantum learning

Berikut dibawah ini beberapa langkah yang dalam menerapkan pembelajaran melalui konsep Quantum Learning :

Apa Manfaat Bagi Ku
Apa Manfaat Bagi Ku merupakan sebuah motivasi yang di peroleh dari pemilihan secara mental antara manfaat dan akibat-akibat suatu keputusan (De Potter, 2000: 49). Dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan karena dapat meningkatkan keinginan untuk selalu belajar. Inilah menjadi tugas para guru untuk selalu memberikan motivasi pada anak didiknya dengan memberi penjelasan tentang manfaat apa saja yang diperoleh setelah mempelajari materi.

Penataan lingkungan belajar
Dalam psikologi Quantum Learning berharap diterapkan dengan mewujudkan lingkungan belajar yang kondusif untuk proses belajar, oleh karena itu maka dalam proses belajar dan mengajar diperlukan penataan lingkungan yang mampu membuat siswa supaya merasa nyaman dalam kegiatan belajarnya. Selain itu juga akan mencegah rasa bosan dalam diri siswa.

Menumbuhkan Mental Juara
Pujian yang positif sangat diperlukan oleh siswa didik karena dengan pujian positif yang diberikan bagi siswa, maka dapat menumbuhkan sugesti yang positif juga. Dengan pujian positif maka hal tersebut yang akan menumbuhkan sikap juara pada siswa. Menumbuhkan mental juara perlupenting untuk dilakukan supaya lebih memacu siswa dalam proses belajarnya, karena itulah seorang guru sebaiknya jangan segan-segan untuk memberikan pujian pada siswa yang telah berhasil dalam belajarnya, namun perlu diingat supaya jangan mencemooh siswa yang belum mampu menguasai materi yang diajarkan. Dengan memupuk sikap juara ini siswa akan lebih dihargai.

Bebaskan Cara Belajarnya
Setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda Ada berbagai macam gaya belajar yang dipunyai oleh siswa, gaya belajar tersebut yaitu: visual, auditorial dan kinestetik. Dalam Quantum Learning guru hendaknya memberikan kebebasan dalam belajar pada siswanya dan janganlah terpaku pada satu gaya belajar saja. Pemberian instruksi yang tepat dan sesuai dengan gaya belajar siswa, tentunya akan berpengaruh pada keberhasilan pencapaian tujuan siswa tersebut.

Membiasakan Mencatat
Belajar akan benar-benar dipahami sebagai aktivitas kreasi ketika sang siswa tidak hanya bisa menerima, melainkan bisa mengungkapkan kembali apa yang didapatkan menggunakan bahasa hidup dengan cara dan ungkapan sesuai gaya belajar siswa itu sendiri. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan simbol simbol atau gambar yang mudah dimengerti oleh siswa itu sendiri, simbol-simbol tersebut dapat berupa tulisan.

Membiasakan Membaca
Salah satu aktivitas yang cukup penting adalah membaca. Karena dengan membaca akan menambah perbendaharaan kata, pemahaman, menambah wawasan dan daya ingat akan bertambah. Seorang guru hendaknya membiasakan siswa untuk membaca, baik buku pelajaran maupun buku-buku yang lain.

Jadikan Anak Lebih Kreatif
Siswa yang kreatif adalah siswa yang ingin tahu, suka mencoba dan senang bermain. Dengan adanya sikap kreatif yang baik siswa akan mampu menghasilkan ide-ide yang segar dalam belajarnya.

Melatih Kekuatan Memori Anak
Kekuatan memori sangat diperlukan dalam belajar anak, sehingga anak perlu dilatih untuk mendapatkan kekuatan memori yang baik.

Mengingat banyak sekali manfaatnya maka oleh biro psikologi Quantum Learning sangat disarankan untuk diterapkan dalam proses belajar anak baik oleh guru atau orang tua siswa.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + one =