5 Tips Dalam Mendidik Anak Perempuan

Tugas menjadi orang tua memanglah tidak gampang, karena banyak hal yang menjadi tanggung jawabnya. Tidak hanya untuk mencari uang demi memenuhi kebutuhan anak akan tetapi tumbuh kembang anak dan masa depan anak tergantung pada orang tuanya. Ketika kita sebagai orangtua dianugrahi seorang anak perempuan tentunya akan merasa ada beban tersendiri untuk membesarkannya. Karena yang kita tahu bahwa perempuan itu memiliki sifat yang lembut serta sensitif. Terlebih lagi ketika mereka tumbuh menjadi anak remaja perempuan. Maka dari itu kita sebagai orangtua harus bisa mendidik anak perempuan kita menjadi anak yang kuat dan tangguh dalam menjalani kehidupannya kelak. Berikut ini beberapa cara dalam mendidik anak perempuan agar mereka siap menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

5 Cara Paling Baik Mendidik Anak Perempuan

mendidik anak perempuan

1. Pujilah Anak

Anak perempuan cenderung akan merasa senang jika sering mendapat pujian dalam hal berpenampilan dari kedua orangtuanya. Dengan pujian tersebut rasa percaya diri dapat tumbuh dan menjadikan anak selalu ingin berusaha tampil maksimal dalam setiap hal. Namun orang tua juga perlu melatih anak perempuan untuk tahu dan mandiri dalam menjalani kegiatan sehari – hari. Misalnya ketika dia sedang makan tanpa berantakan, ketika dia dapat menulis dan mengeja huruf serta angka dengan benar dan juga saat dia membereskan mainannya dengan rapi. Dan silahkan untuk selalu memberikan semangat dalam bentuk pujian. Karena anak tahu jika dia dipuji berarti mereka diperhatikan.

2. Ajak belajar sambil bermain

Ketika masa anak- anak keinginan untuk tahu itu sangat besar nah kita gunakan masa ini untuk mengajarkannya dengan berbagai hal yang dapat mengembangkan otak anak, berikan anak mainan yang bisa juga merangsang kecerdasan otak saat dia bermain, sehingga anak tak mudah bosan karena yang dia tahu bahwa dia sedang bermain.

mendidik anak perempuan

3. Ajarkan bagaimana cara bersosialisasi

Bersosialisasi yang benar memang harus orangtua ajarkan kepada anak perempuan. Karena anak perempuan perlu tahu bagaimana cara berkenalan dengan orang lain. Ajarilah untuk berjabat tangan dan jangan biarkan anak perempuan kita mudah untuk memeluk orang yang tidak dia kenal karena akan memberi dampak buruk saat anak kita sedang sendirian atau kurang dalam pengawasan.

4. Mengenalkan dunia pekerjaan

Jika anda menginginkan anak perempuan anda berhasil dalam kariernya tak ada salahnya jika sedari kecil ia diberitahu tentang dunia pekerjaan. Anda bisa menjelaskan berbagai macam pekerjaan tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami. Jika anda seorang ibu yang tidak hanya mengurus rumah tangga saja namun setiap hari pergi bekerja, tentunya akan mudah memberi contoh kepada anak perempuanya bahwa perempuan bisa hidup mandiri dan bisa bekerja tanpa harus selalu bergantung kepada suami.

5. Mengenalkan uang

Anak zaman sekarang lebih banyak permintaannya apalagi anak perempuan, yang cenderung suka sekali mengoleksi berbagai mainan yang dia sukai. Saat itulah orangtua coba mengenalkan uang kepada anak, nominalnya serta kegunaanya. Jangan selalu menuruti permintaanya langsung tapi cobalah untuk menjelaskan bahwa dia harus menghargai uang yang hanya untuk membeli mainan tapi ajarkan anak untuk menabung.

Nah, jika anda memiliki anak perempuan tentunya sangat mendambakan dia menjadi wanita kuat dan tangguh tidak seperti anggapan bahwa wanita itu lemah dan perasa. Mulailah ajari dan mendidik anak perempuan anda untuk siap menaklukan kehidupannya.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five − 2 =